Pasien Pertama Positif Monkeypox Dinyatakan Sembuh

| Dilihat 247 Kali

Pasien Pertama Positif Monkeypox Dinyatakan Sembuh
Pasien Pertama Positif Monkeypox Dinyatakan Sembuh

Pada Agustus 2022 yang lalu, Indonesia dikejutkan dengan adanya temuan kasus Monkeypox/cacar monyet pada seorang pemuda yang memiliki riwayat perjalanan ke beberapa negara seperti. Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis.

Namun demikian, kini pasien pertama monkeypox di indonesia tersebut telah dinyatakan sembuh dan sudah dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala. Hal ini disampaikan oleh dr. Mohammad Syahril selaku Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dalam konferensi pers secara virtual yang dilaksanakan pada Jumat 16 september 2022.

Dalam keterangannya, dr. Mohammad Syahril menyatakan bahwa pasien pertama cacar monyet telah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan penanganan dan arahan untuk melakukan isolasi mandiri hingga 4 September 2022.

Untuk meminimalisir potensi penyebaran dan memaksimalkan pemeriksaan, Kemenkes menambah jumlah laboratorium menjadi 15 yang telah tersebar di sejumlah daerah di Indonesia, setelah sebelumnya hanya terdapat 2 laboratorium pemeriksaan cacar monyet yang hanya berada di Pulau Jawa.

Saat ini, terdapat 66 kasus dugaan cacar monyet di indonesia , namun hanya 1 kasus terkonfirmasi positif. Di dunia juga dalam beberapa waktu terakhir kasus monkeypox cenderung menurun. Namun demikian, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan melakukan berbagai protokol pencegahan cacar monyet, baik saat melakukan perjalanan atau berada di lingkungan terbuka.


Review: Astasari