Sebelum Keberangkatan, Kementerian Kesehatan Memastikan Kesehatan Para Jemaah Haji

| Dilihat 3908 Kali

Sebelum Keberangkatan, Kementerian Kesehatan Memastikan Kesehatan Para Jemaah Haji
Sebelum Keberangkatan, Kementerian Kesehatan Memastikan Kesehatan Para Jemaah Haji

Menjelang pemberangkatan jamaah haji 1444 H/2023 yang direncanakan pada 24 Mei 2023 yang akan datang, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan persiapan seluruh jemaah haji agar tetap sehat baik sebelum keberangkatan hingga kembali ke tanah air.

Persiapan keberangkatan jemaah haji Indonesia tersebut juga dilakukan untuk merespon kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir, meskipun Covid-19 sudah tidak lagi berstatus darurat kesehatan global.

Bentuk persiapan yang dilakukan oleh pemerintah salah satunya adalah dengan menggelar Sosialisasi Kesehatan Haji Masa Pandemi mulai dari bulan April 2023 yang lalu. Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan kerjasama yang dilakukan oleh Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Badan Kesehatan Dunia (WHO), dan Dinas Kesehatan provinsi/kabupaten/kota.

Adapun pelaksanaan Sosialisasi Kesehatan Haji tersebut dilakukan di 5 kabupaten, diantaranya:

  1. Kabupaten Cirebon

  2. Kabupaten Pelalawan

  3. Kabupaten Kudus

  4. Kabupaten Bantul

  5. Kabupaten Pacitan

Dalam keterangannya pada Sosialisasi Kesehatan Haji Masa Pandemi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada 6 Mei 2023 yang lalu, Liliek Marhaendro Susilo, Ak M.M selaku Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes menyatakan bahwa persiapan kesehatan merupakan hal yang harus dilakukan tidak hanya bagi jamaah lanjut usia, hal ini mengingat ibadah haji sangat identik dengan ibadah fisik.

Pada acara sosialisasi tersebut, jemaah haji juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan, pengukuran kebugaran serta penyampaian informasi mengenai penyelenggaraan kesehatan haji mulai dari pemeriksaan kesehatan, pembinaan kesehatan, vaksinasi haji hingga protokol kesehatan selama menjalankan ibadah haji hingga kembali ke tanah air.