Tata Cara Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit dengan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh. Untuk bisa mengendalikan kadar gula darah, penderita diabetes harus melakukan diet sehat dan memulai hidup sehat. Berikut ini tata cara dalam melakukan diet sehat untuk penderita diabetes

Konsumsi makanan dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleks

Makanan dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleks merupakan makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes. Pasalnya, kedua makanan tersebut cukup lama diolah di dalam pencernaan. Dengan begitu, kadar gula darah bisa stabil.

Bukan hanya itu saja, karbohidrat kompleks merupakan sumber energi terbaik. Sehingga bisa menunda rasa lapar. Untuk makanan dengan  kandungan serat sendiri, lebih banyak konsumsi buah dan sayuran hijau.

Jangan lupakan sarapan

Sarapan merupakan hal terpenting dan tidak boleh dilewatkan oleh penderita diabetes. Sarapan membuat tubuh mendapatkan energi yang pas. Dengan begitu akan menghindarkan nafsu makan berlebih saat makan siang. Pastinya, kadar gula darah akan terkontrol.

Makan dengan teratur

Bukan hanya menyesuaikan jenis makanannya saja, selalu pastikan makan makanan dengan teratur. Penderita diabetes harus memperhatikan jadwal dan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dilakukan tentunya untuk mengatur kadar gula darah tetap stabil.

Konsumsi lebih banyak omega-3

Minyak ikan atau omega-3 merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, terlebih jantung. Omega-3 bisa didapatkan dengan mudah dari beberapa jenis ikan, seperti ikan tuna, salmon dan masih banyak lagi.

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak minyak ikan. Pasalnya, kandungan ini sangat baik untuk mencegah resiko terjadinya peradangan pada penderita diabetes. Dengan begitu, komplikasi diabetes akan terhindar.

Imbangi dengan olahraga

Melakukan aktivitas fisik menjadi faktor terpenting untuk penderita diabetes. Aktivitas fisik akan membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan juga cara membuat hidup sehat . Saat berolahraga, otot akan membutuhkan gula untuk membakar energi.

Dengan begitu, insulin akan terbantu dalam pengolahan glukosa dalam tubuh. Bagi penderita diabetes bisa melakukan olahraga yang ringan, seperti jalan kaki, berlari, berjalan cepat atau bersepeda. Pastikan olahraga yang dilakukan secara rutin, minimal satu minggu sekali.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Ketahui Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Junk Food