Olahraga Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
| Dilihat 91 Kali

Olahraga Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Olahraga Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan adalah berolahraga secara rutin. Olahraga sangat banyak macamnya, salah satunya adalah Yoga. Berlatih Yoga selain mampu membuat pikiran lebih tenang, juga dapat meredakan tekanan darah tinggi. Kabar baik bagi mereka yang menderita hipertensi bukan hanya menenun karena disampaikan oleh seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Duisburg Essen, Jerman, Holger Kramer.

Hasil penelitiannya, yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, mengungkap fakta bahwa orang dengan hipertensi telah menurunkan tekanan darah mereka setelah berlatih yoga secara teratur. Dari 452 pasien dengan hipertensi yang termasuk dalam penelitian ini, beberapa diminta untuk melakukan perawatan hipertensi hanya untuk menurunkan tekanan darah mereka.

Beberapa peserta lain diminta berlatih yoga secara rutin selama 8 minggu. Hasilnya benar-benar spektakuler karena mereka yang rutin berlatih yoga telah dikenal untuk mengurangi tekanan darah sistolik dan sistolik lebih banyak daripada mereka yang hanya mengobati hipertensi. Mediumnya lebih rendah hingga 7 mmHg untuk ekstensibilitas dan 10 mmHg untuk tekanan pada kandung kemih.

Sebelum hasil penelitian ini terungkap, sudah ada beberapa temuan yang melaporkan hubungan yoga dengan pengobatan berbagai penyakit lain seperti asma, penyakit jantung, skizofrenia, gejala menopause, penyakit kardiovaskular, depresi, kanker payudara dan sakit punggung.

Melihat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berlatih yoga secara rutin, tidak ada salahnya jika kita mencoba melakukan protein yoga. Tapi ingat untuk berlatih yoga dengan benar dan selalu berusaha didampingi oleh para ahli agar aman dan manfaat yang kita dapatkan bisa lebih kuat.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Kemenkes Terus Menjalin Kerjasama dengan The Union