Kiat Cerdas Kelola Stres Agar Tetap Sehat
| Dilihat 244 Kali

Kiat Cerdas Kelola Stres Agar Tetap Sehat

Kiat Cerdas Kelola Stres Agar Tetap Sehat

Terkadang stres tak bisa dihindari sehingga Anda harus mencari cara mengelola stres yang efektif. Sebelum mengelola stres, Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa dikategorikan sebagai gejala stres.

Gejala dan Penyebab Stres

Ada beberapa gejala stres yang bisa Anda kenali dengan mudah. Gejala-gejala tersebut seperti :

  • Gelisah, perasaan berdebar-debar dan muka pucat.
  • Orang yang stres seringkali mengalami insomnia atau sulit tidur atau bisa tidur tapi terasa tak nyenyak.
  • Gejala stres lainnya adalah nafsu makan berlebih atau malah nafsu makan berkurang, berbeda dari nafsu makan yang biasanya.
  • Orang yang stres juga mudah tersinggung, bahkan untuk hal sepele sekalipun.
  • Stres seringkali juga diiringi dengan keluhan sakit lainnya seperti sakit maag, sakit perut dan sakit kepala
  • Kesulitan untuk konsentrasi juga sering muncul ketika seseorang mengalami stres.

Penyebab stres bisa beragam. Namun, ada tiga hal yang menjadi penyebab paling umum dari stres yakni dari rumah tangga, lingkungan sekolah dan pekerjaan. Dalam kehidupan berumah tangga, akan lebih mudah apabila setiap anggota keluarga menjalankan fungsinya sehingga rutinitas rumah tangga berjalan lancar. Namun ketika salah satu anggota keluarga seperti anak atau orang tua tiba-tiba sakit, maka bisa memicu stres. Pekerjaan yang menumpuk dan beban harus mengurus orang sakit bisa cukup melelahkan bagi orang yang belum terbiasa sehingga menimbulkan stres

Anak-anak kini juga rentan dengan paparan stres. Hal ini seringkali disebabkan karena tekanan dalam lingkungan teman, tugas-tugas sekolah, ulangan mendadak atau ketika anak menghadapi ujian. Selain itu, pekerjaan kantor yang menumpuk dengan tenggat waktu yang kian dekat juga bisa memicu stres terutama bagi karyawan kantoran. Ditambah lagi ketika berangkat maupun pulang kantor harus menghadapi macet sehingga memperbesar potensi munculnya stres.

Tips Mengelola Stres

Apabila stres mulai menghinggapi pikiran Anda, ada beberapa yang bisa dilakukan agar stres tak menjadi semakin parah. 

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni membicarakan keluhan atau permasalahan yang Anda alami kepada orang yang bisa dipercaya. Bisa kepada pasangan, sahabat atau psikolog. 
  • Lakukan aktivitas yang Anda sukai dan membuat Anda bersemangat. Bisa berupa hobi Anda yang sudah lama ditinggalkan atau aktivitas lainnya yang tertunda. Kembangkan hobi Anda tersebut sehingga bisa bermanfaat. Melakukan hobi yang Anda sukai lama kelamaan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa bahagia dalam diri Anda.
  • Jangan lupa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dengan meningkatkan ibadah dan bersedekah. Terkadang bersedekah membuat diri kita bahagia karena bisa membantu orang lain sehingga menurunkan kadar stres.
  • Banyak-banyaklah berpikir positif dan menenangkan pikiran dengan relaksasi. Cobalah untuk melakukan yoga atau teknik pernapasan yang mampu membuat tubuh lebih rileks dan tenang.  
  • Imbangi dengan berolahraga secara teratur, makan bergizi, istirahat yang cukup dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. 

Stres bisa muncul ketika terjadi perubahan dalam kehidupan kita. Selain melakukan kiat mengelola stres di atas, banyak-banyaklah bersyukur atas nikmat Tuhan serta kembangkan rasa sabar dan ikhlas demi mengurangi stres.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Indonesia Bertekad Membawa ARPFHE Menjadi Lebih Konkret