Main Ponsel Menjelang Tidur? Selamat Datang Insomnia
| Dilihat 836 Kali

Main Ponsel Menjelang Tidur? Selamat Datang Insomnia

Main Ponsel Menjelang Tidur? Selamat Datang Insomnia

Scrolling Instagram, chatting dengan gebetan, kepo feeds mantan… Ujung-ujungnya tidak bisa tidur.

Seolah-olah kebutuhan komunikasi perangkat telepon genggam berubah menjadi sebuah ketergantungan yang sangat susah untuk dilawan. Setiap pagi, kita memeriksa smartphone, di kantor atau di kelas, di sela-sela aktivitas, saat bosan bahkan tak jarang saat sedang mengendarai kendaraan masih memeriksa smartphone. Di antara semua kesempatan memeriksa smartphone, saat menjelang tidurlah yang hampir pasti dilakukan seseorang.

Smartphone memang sebuah inovasi yang sejatinya diciptakan untuk memberikan manfaat bagi seseorang. Namun, acap kali sang pemiliklah kurang bijak dalam memanfaatkannya. Sehingga alih-alih manfaat yang didapat, justru mudarat yang terjadi. Seperti kebiasaan bermain ponsel saat menjelang tidur malam.

Entah bermain game, streaming video, atau memeriksa sosial media, gawai pun akhirnya jadi “teman tidur”. Dalih melepas penat setelah seharian beraktivitas seringkali membuat seseorang lupa waktu.

Fakta ini setidaknya dibuktikan oleh penelitian dari National Sleep Foundation. Ia memerkirakan sebesar 48 persen orang di Amerika menggunakan gawai seperti smartphone, tablet, atau laptop di atas tempat tidur.

Tapi tahukan? Aktivitas tersebut tidak akan membuat Anda rileks lalu tertidur dengan sendirinya. Yang terjadi adalah hal sebaiknya. Riset dari Griffith University and Murdoch University mengungkapkan kebiasaan tersebut berdampak buruk pada kualitas dan kuantitas tidur.

Sebelum tidur, seseorang setidaknya membutuhkan rentang waktu 30 menit hingga satu jam agar otak benar-benar beristirahat dan terbebas dari beban aktivitas. Bersantai di ranjang sambil bermain ponsel justru akan membuat sistem saraf emosi dalam tubuh tetap aktif. Alih-alih terlelap, tubuh malah terjaga.

Selain itu, cahaya biru yang dihasilkan telepon seluler akan merusak jam biologis tubuh Anda. Ia mengganggu proses produksi hormon melatonin dalam tubuh—hormon tersebut berfungsi untuk mengatur siklus tidur seseorang—. Yang terjadi adalah, Otak seseorang mulai memproduksi melatonin ketika ia siap tidur dan sinar biru dari smartphone mengganggu proses produksi tersebut.

 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Makan Enak Sambil Melawan Rematik