Giat Bersih Cegah COVID-19
| Dilihat 806 Kali

Giat Bersih Cegah COVID-19

Giat Bersih Cegah COVID-19

Salah satu upaya dalam pencegahan Covid 19 adalah membersihkan lingkungan dan penyemprotan disinfektan. Gotong Royong (GONG) sebagai suatu gerakan masyarakat lintas agama, suku, ras dan antar golongan menginisiasi giat bersih berupa membersihkan lingkungan dan penyemprotan disinfektan secara serentak di rumah-rumah ibadah masjid, mushola, gereja dan wihara di daerah RW 10, Kelurahan Karang Anyar, Sawah Besar Jakarta Pusat.

GONG yang merupakan kerjasama dari Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Gerakan Kebangsaan Indonesia (GKI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) menggandeng Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam kegiatan giat bersih yang dilaksanakan secara serentak pada Minggu, 22 Maret 2020 di 10 lokasi, diantaranya Mushala Al Abror Jalan Karang Anyar Utara II RT06, Mushala Alhimmatul Islamiyyah Jalan Dwi Warna II Gg I RT 12, Mushola Al Ikhlas jalan Dwi warna Gg II RT14, Musala Al Inayah Jalan Dwi Warna Raya nomor 5 RT14, Gereja GKRI Jalan Dwi Warna Raya nomor 45 RT01, Gereja Kristen Nazarene Jalan Karang Anyar Utara Raya RT07, Wihara Chandra Metta Jalan Mangga Besar Raya RT01 dan SMP Islam Manhalun Nasyiin.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dr. Riskiyana S. Putra, M.Kes menyampaikan bagaimana cara agar masyarakat terhindar dari penularan Covid-19 melalui lima hal yang harus dilakukan oleh setiap warga negara, yaitu menjaga kebersihan diri, konsumsi gizi seimbang, lakukan aktifitas fisik dan rutin cuci tangan pakai sabun, serta memakai masker dengan benar.

Selain pembersihan lingkungan dan penyemprotan disinfektan, dalam mendampingi giat bersih Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat juga melakukan edukasi pencegahan Covid-19 dan pembagian media edukasi berupa leaflet tentang pencegahan Covid-19. (ckh n mrt)



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Sosialisasi Pedoman Peran Saka Bakti Husada dalam Pencegahan Covid-19