Webinar “Vaksinasi Covid-19 Semakin Mendekati Kemenangan, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan”
| Dilihat 134 Kali

Webinar “Vaksinasi Covid-19 Semakin Mendekati Kemenangan, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan”

Webinar “Vaksinasi Covid-19 Semakin Mendekati Kemenangan, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan”

Sudah lebih dari satu tahun sejak Covid-19 ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi, berbagai negara di dunia terus melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, termasuk Indonesia. Upaya penanganan dan pencegahan dilakukan supaya pandemi segera berakhir dengan harapan agar kehidupan dapat menjadi normal kembali.

Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya untuk menekan jumlah pertambahan kasus Covid-19 dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru di masyarakat. Adaptasi kebiasaan baru diterapkan karena penyebaran Covid-19 terjadi secara kasat mata dan dimana saja terutama melalui sentuhan tangan.

Selain itu, pemerintah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan komunitas terkecil di desa melaksanakan 3T(Tracing, Testing, dan Treatment) untuk mencari kontak langsung dan menghentikan penyebaran Covid-19 yang lebih luas di daerah tersebut.

Saat ini, pemerintah Indonesia juga sedang melaksanakan program Vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan di tahap kedua. Vaksinasi Covid-19 tahap kedua diperuntukkan bagi lansia dan pekerja publik. Vaksinasi Covid-19 memiliki tujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat.

Sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Kanal Kesehatan melaksanakan Webinar. Webinar kali ini memiliki tema “Vaksinasi Covid-19 Semakin Mendekati Kemenangan, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan.”.

Turut hadir pada webinar kali ini adalah dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dr. dr. Trihono, M.Sc selaku Kepala Badan Litbangkes 2011-2014, Konsultan Senior Kemenkes dan Pendiri/Pemimpin Umum kanal-kesehatan.com, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD, KAI, FINASIM sebagai Ketua Himpunan Alergi Imunologi Nasional, K.H. M. Cholil Nafis, Lc,MA,Ph.D sebagai Ketua MUI, dan Dr. Rita Ramayulis, SKM, DCN sebagai DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia.

Dengan adanya webinar ini diharapkan agar masyarakat dapat mengetahui dan peduli akan situasi Covid-19 dan perkembangan vaksinasi Covid-19. Selain itu, masyarakat juga dapat ikut terlibat aktif dalam pencegahan Covid-19 dengan berpartisipasi dalam Vaksinasi Covid-19.

Dukung pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir minimal 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, membatasi mobilitas, serta menghindari kerumunan meski sudah mendapatkan vaksin agar Indonesia segera pulih dari pandemi ini.

Editor: Eunice Margarini, SKM, MIPH

https://www.youtube.com/watch?v=Ki3gbwpK8u8



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Promosi Kesehatan dalam Masa Pemulihan Awal Bencana Siklon Tropis Seroja di Provinsi Nusa Tenggara Timur