Tips Menjaga Kesehatan Selama di Pengungsian

| Dilihat 4711 Kali

Tips Menjaga Kesehatan Selama di Pengungsian
Tips Menjaga Kesehatan Selama di Pengungsian

Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 di darat dan kedalaman mencapai 10 Km yang berpusat di kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 yang lalu, telah menyebabkan 169.124 orang penduduk terdampak. Hasilnya, kini sebanyak 58.362 orang harus di evakuasi menuju tempat yang lebih aman.

Saat ini diketahui bahwa para masyarakat yang harus mengungsi tersebut, tersebar di 9 titik tempat yang berbeda. Selama berada di lokasi pengungsian, masyarakat diharapkan untuk tetap bisa disiplin dalam menjaga kesehatan, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan fisik maupun mental, terutama di tengah pandemi seperti saat ini.

Tips Sehat Selama di Lokasi Pengungsian.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang telah berhasil dievakuasi untuk menjaga kondisi kesehatannya, diantaranya adalah:

  1. Biasakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

  2. Menggunakan masker

  3. Lindungi tempat air bersih & makanan dari kotoran, debu dan lalat

  4. Tidak merokok di pengungsian

  5. Gunakan selimut & alas tidur di malam hari

  6. Lakukan buang air besar & kecil di jamban

  7. Kendalikan stress dengan melakukan kegiatan bersama

Dengan menjalankan berbagai aktivitas diatas, diharapkan kesehatan fisik maupun mental masyarakat selama berada di lokasi pengungsian dapat lebih terjaga.

Tetap disiplin perilaku hidup bersih dan sehat serta segera  melakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang tidak terdampak apabila mengalami gejala penyakit atau luka selama berada di lokasi pengungsian.

Tetap dengarkan informasi dari instansi resmi untuk menghindari kesalahan informasi serta  tidak bermain atau memasuki bangunan yang terdampak gempa, untuk menghindari potensi luka saat bangunan roboh.

 

Review: Astasari