Tips Menghadapi KIPI pada Anak

| Dilihat 1581 Kali

Tips Menghadapi KIPI pada Anak
Tips Menghadapi KIPI pada Anak

Pemberian Vaksin Covid-19 sebagai langkah meminimalisir hospitalisasi dan kematian akibat Covid-19 kepada masyarakat menjadi sangat penting untuk dilakukan, terlepas apakah telah memasuki lanjut usia, dewasa, maupun anak-anak. Hal ini dikarenakan proses penyebaran virus di tengah masyarakat dapat terjadi pada segala kelompok usia.

Tepat pada tanggal 14 Desember 2021, pemerintah telah memberikan izin untuk pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 – 11 tahun. Meski mengetahui mengenai urgensi penggunaan vaksin selama masa pandemi Covid-19, orang tua tetap merasa khawatir apabila terjadi KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi pada anak, seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, menggigil hingga mual atau muntah. Ayah dan bunda tidak perlu panik dan khawatir menghadapinya. Berikut ini merupakan beberapa langkah efektif yang dapat dilakukan ketika anak mengalami KIPI, seperti :

  1. Membuat anak cukup beristirahat

  2. Memberi obat penurun panas jika diperlukan

  3. Mengupayakan agar anak mengkonsumsi air putih yang cukup

  4. Jika terdapat rasa nyeri di tempat bekas suntikan, usahakan tetap gerakan dan gunakan lengan anak.

  5. Apabila perlu, kompres bagian yang nyeri dengan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin setelah melakukan penanganan dini.

Dengan menerapkan beberapa langkah diatas, diharapkan KIPI yang dialami oleh anak dapat segera pulih, sehingga dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala. Ayah dan bunda juga diharapkan tidak lagi merasa khawatir atau takut untuk mengantarkan putra dan putrinya untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

Sumber :

1.       https://pusatkrisis.kemkes.go.id/5-langkah-penanganan-dini-kipi-pada-anak