Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Anak digelar di Kementerian Kesehatan
| Dilihat 305 Kali

Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Anak digelar di Kementerian Kesehatan

Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Anak digelar di Kementerian Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu upaya perlindungan dari Covid-19 pada anak usia 6 – 11 tahun telah dimulai sejak beberapa waktu lalu. DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan prioritas untuk dilakukannya vaksinasi anak, selain Jawa Barat dan Banten, karena mengingat wilayah tersebut memiliki kasus Covid-19 yang cukup fluktuatif. Adapun kegiatan Gebyar Vaksinasi Anak Usia 6-11 tahun yang diselenggarakan di Jakarta digelar oleh Kementerian Kesehatan sejak Senin (27/12) di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof. Sujudi, Kementerian Kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin serta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) untuk meninjau secara langsung Gebyar Vaksinasi tersebut. Pada kesempatan yang sama, Ibu Iriana berbincang banyak dengan para orang tua dan anak mengenai vaksinasi Covid-19. Demikian juga Ibu Ida Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya mengaku cukup senang atas terselenggaranya program tersebut serta melihat secara langsung respon dan antusias yang baik dari seluruh peserta yang hadir.

Kunci kesuksesan Vaksinasi Covid-19 pada anak, terdapat pada para orang tua, karena orang tua memiliki peran penting dalam menanamkan urgensi dari mendapatkan vaksin di masa pandemi saat ini. Untuk itu sebagai penutup, Ibu Ida tidak lupa untuk memberikan pesan bagi orang tua yang memiliki anak usia 6 – 11 tahun dan belum mendapatkan Vaksin Covid-19, untuk segera mendampingi putra dan putrinya melakukan Vaksinasi Covid-19 di lokasi yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan, agar bisa menurunkan risiko paparan dan penularan Covid-19 di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Vaksinasi bisa didapatkan di Puskesmas, sekolah, rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya (pemerintah dan swasta), termasuk pos-pos pelayanan vaksinasi, dan sentra-sentra vaksinasi.

Sasaran vaksinasi anak ditargetkan meliputi 26,5 juta anak di seluruh Indonesia. Vaksinasi anak dilakukan secara bertahap di daerah dengan cakupan vaksinasi dosis pertama mencapai 70% dan vaksinasi lansia mencakup 60%. Pada tahap awal, vaksinasi tersebut akan digelar di 115 kabupaten/kota di 19 provinsi. 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

 

Sumber :

1.       https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20211227/3939057/ibu-negera-iriana-dan-oase-kabinet-indonesia-maju-tinjau-gebyar-vaksinasi-anak-usia-6-11-tahun/

 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Penyesuaian SKB Empat Menteri Berikan Rasa Aman bagi Warga Sekolah