Tingkatkan Layanan Kesehatan Primer, Kemenkes Lakukan Pembinaan Kader Posyandu

| Dilihat 853 Kali

Tingkatkan Layanan Kesehatan Primer, Kemenkes Lakukan Pembinaan Kader Posyandu
Tingkatkan Layanan Kesehatan Primer, Kemenkes Lakukan Pembinaan Kader Posyandu

Dalam rangka melakukan monitoring implementasi posyandu prima di daerah terpencil, Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan melakukan peninjauan implementasi posyandu prima di Kecamatan Telaga Bauntung, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada Jumat 16 Desember 2022.

dr. Maria Endang Sumiwi, MPH selaku Dirjen Kesehatan Masyarakat juga mengatakan bahwa peninjauan posyandu prima di daerah terpencil seperti Kecamatan Telaga Bauntung, Kabupaten Banjar kali ini merupakan upaya Kementerian Kesehatan dalam memperkuat layanan kesehatan primer serta berupaya menghadirkan layanan standar yang bisa diakses oleh masyarakat sekitar.

Pada keterangannya, Menteri Budi juga menegaskan Kementerian Kesehatan bertugas menjaga masyarakat Indonesia agar tetap sehat. Untuk mencapai hal tersebut, saat ini Kementerian Kesehatan berfokus pada revitalisasi posyandu dengan melakukan pembinaan para kader serta upaya pemenuhan fasilitas dan alat kesehatan penunjang.

Kementerian Kesehatan mengupayakan penyediaan alat-alat kesehatan seperti alat periksa jantung, alat USG, dan lain sebagainya, sehingga dalam melakukan tugasnya sebagai ujung tombak keberhasilan layanan kesehatan primer, posyandu dapat menjalankan tugasnya seperti memberikan pelayanan dan edukasi kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Sebagai penutup, Menteri Budi mengharapkan program revitalisasi posyandu dan puskesmas ini dapat membuat masyarakat hidup yang lebih sehat.