Gerakan Bumil Sehat untuk Ibu Hamil Lebih Sehat dan Bahagia

| Dilihat 108271 Kali

Gerakan Bumil Sehat untuk Ibu Hamil Lebih Sehat dan Bahagia
Gerakan Bumil Sehat untuk Ibu Hamil Lebih Sehat dan Bahagia

Dalam rangka menurunkan angka stunting pada balita dan Angka Kematian Ibu Hamil (AKI), tepat pada Hari Ibu yang diperingati setiap tahun tanggal 22 Desember, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menginisiasi Gerakan Nasional Bumil Sehat melalui kampanye #BumilSehat yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Gerakan Nasional Bumil Sehat dilaksanakan dengan melibatkan Kementerian/Lembaga di tingkat Pusat dan Daerah, swasta, organisasi profesi, organisasi masyarakat, serta seluruh masyarakat, khususnya ibu hamil sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini.

Kegiatan kali ini merupakan salah satu rangkaian acara Gerakan Nasional Bumil Sehat yang telah dimulai sejak tanggal 14 Desember 2022.

Rangkaian Gerakan #BumilSehat diawali dengan sambutan dari Kepala Puskesmas dan Kemenkes, serta disaksikan oleh seluruh lintas sektor terkait. Acara ini dilanjutkan dengan penyelenggaraan edukasi bumil sehat yang dikemas dalam bentuk talkshow bersama dengan narasumber dan tenaga kesehatan Puskesmas di daerah tersebut.

Hal menarik dari rangkaian Gerakan Nasional Bumil Sehat kali ini adalah adanya pemberian penghargaan kepada ibu hamil yang telah memeriksakan kehamilan minimal 6 kali dengan 2 kali melakukan pemeriksaan USG, Minum Tablet Tambah Darah (TTD) rutin, dan mengikuti kelas ibu hamil. Rangkaian gerakan ini juga disertai dengan pembacaan Deklarasi Bumil Sehat yang diikuti oleh seluruh ibu hamil dan stakeholder terkait.

Terselenggaranya Gerakan Nasional Bumil Sehat diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan pemeriksaan ibu hamil secara rutin agar persalinan ibu lancar serta bayi lahir sehat dan selamat.

Selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan tetap rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) rutin. Ibu hamil juga diharapkan melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali di fasilitas kesehatan terdekat untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin serta mengetahui sejak dini adanya komplikasi yang mungkin terjadi saat kehamilan.

Yuk, bersama dukung ibu hamil lebih sehat dan bahagia. Mari semarakkan Gerakan Nasional Bumil Sehat menggunakan berbagai media Gerakan Bumil Sehat yang dapat diunduh melalui link berikut ini: 

https://link.kemkes.go.id/MediaGerakanBumilSehat

Review: Astasari