Siap Siaga Bencana di Masa Pandemi Covid-19
| Dilihat 7829 Kali

Siap Siaga Bencana di Masa Pandemi Covid-19

Siap Siaga Bencana di Masa Pandemi Covid-19

Indonesia merupakan negara yang rawan akan terjadinya bencana, dimana Indonesia merupakan negara yang dikelilingi lempengan tektonik aktif, beberapa gunung berapi aktif, dan bencana hidrometeorologi yang mendominasi jumlah kejadian bencana di Indonesia. Potensi bencana alam ini dapat mengancam seluruh wilayah Indonesia dalam skala kecil maupun besar.

Satu bulan berjalan awal tahun 2021, sederet bencana alam melanda Indonesia dan merenggut ratusan korban jiwa. Mulai dari gempa bumi, banjir, gelombang pasang, tanah longsor, hingga erupsi gunung api.

Pada masa pandemi Covid-19, bencana akan terasa lebih berat dirasakan masyarakat. Situasi seperti ini membuat kelompok rentan seperti ibu hamil, bayi, anak-anak dan lanjut usia mudah terserang penyakit dan kekurangan gizi. Akses terhadap pelayanan kesehatan dan pangan menjadi semakin berkurang. Air bersih sangat langka akibat terbatasnya persediaan dan banyaknya jumlah orang yang membutuhkan serta kondisi sanitasi yang buruk. Dalam keadaan yang seperti ini risiko dan penularan penyakit khususnya Covid-19 meningkat.

Dalam menghadapi bencana di masa pandemi Covid-19, yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Kenali ancaman bencana di sekitar, pantau berita terkait ancaman bencana
  2. Lengkapi perlengkapan siaga bencana dengan masker cadangan, hand sanitizer, dan alat mandi
  3. Rencanakan tempat evakuasi yang aman dengan tetap menjaga jarak
  4. Memakai masker apabila keluar
  5. Rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir minimal 20 detik
  6. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter
  7. Rutin berolahraga
  8. Mengikuti akun media sosial penting
  9. Mencatat nomor telepon penting
  10. Melakukan simulasi bencana di rumah bersama keluarga sebagai langkah persiapan ketika terjadi bencana

Tidak hanya siaga dengan bencana, pada masa pandemi ini sangat penting untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan disiplin 3M, selalu menggunakan masker, rutin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Disiplin menerapkan 3M membuat kita, keluarga, dan orang di sekitar lebih aman dan tetap sehat. Jangan lupa tetap mengupayakan makan makanan bergizi seimbang, dan aktivitas fisik, istirahat cukup untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat serta hati yang gembira agar imun semakin kuat.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Vaksinasi Covid 19 Segera Dimulai bagi Lansia