Seminar Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu
| Dilihat 182 Kali

Seminar Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu

Seminar Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang saat ini telah menjadi Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan yang diprakarsai oleh masyarakat dan dikelola oleh masyarakat bersama pemerintah desa/kelurahan guna memberikan kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan masyarakat.

Keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif - preventif kepada masyarakat dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat, perlu digaungkan kembali. Pelaksanaan dan pembinaannya menjadi tanggung jawab bersama lintas sektor di setiap jenjang, utamanya dalam mendukung upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak, percepatan penanggulangan stunting dan pencegahan Covid-19.

Mengingat eksistensi posyandu saat ini masih dianggap tidak kekinian, kurang update, produk masa lampau/kuno dan lain lagi, yang dibuktikan dengan makin menurunnya jumlah sasaran yang hadir di Posyandu terlebih lagi dengan terjadinya pandemi, maka perlu digaungkan kembali eksistensi Posyandu di tengah masyarakat. Bahwa Posyandu juga dapat menjadi Posyandu yang modern dan tidak tergerus oleh perkembangan jaman. Mengingatkan kembali bahwa kegiatan di Posyandu seperti KIA, KB, gizi, imunisasi, dan pencegahan dan penanggulangan diare.

29-04-2021 Seminar Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu

Partisipasi masyarakat dalam mendukung terlaksananya Posyandu sangat penting, karena tanpa keikutsertaan mereka ke Posyandu maka program ini tidak akan dapat berjalan dengan baik. Dengan keaktifan mereka untuk datang dan memanfaatkan pelayanan kesehatan di posyandu dapat mencegah dan mendeteksi sedini mungkin gangguan dan hambatan pertumbuhan pada bayi dan balita.

Dalam rangka memperingati Hari Posyandu yang jatuh pada tanggal 29 April setiap tahunnnya, Kementerian Kesehatan menggelar seminar dengan tema “Modernisasi Posyandu” di Ruang Siwabessy Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan dan daring melalui aplikasi zoom dan live streaming Youtube Kementerian Kesehatan RI yang dimulai pukul 08.30 WIB.

Pada acara tersebut juga bersamaan dengan peluncuran/launching logo Posyandu. Berbagai pembicara dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, serta perwakilan dari Kepala Desa hadir untuk berbagi informasi dalam pelaksanaan dan pembinaan Posyandu dengan dipandu oleh Shahnaz Haque sebagai moderator. Kegiatan tersebut dapat kembali disimak di https://www.youtube.com/c/KementerianKesehatanRI/videos.

Diharapkan dengan adanya seminar dan launching logo Posyandu ini, dapat menggaungkan kembali keberadaan Posyandu di tengah masyarakat serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam memanfaatkan layanan Posyandu untuk menjaga kesehatan dan meningkatan kesejahteraan keluarga dengan dukungan serta pembinaan semua pihak yang terkait, menjadikan Posyandu Sahabat Masyarakat.

Kontributor:

dr. Marti Rahayu D. K., MKM

Dra. Herawati, MA

 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MPIH



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Nuzulul Quran: Momentum Memperkuat Kesabaran dan Ketahanan dalam Mencegah dan Menangani Pandemi Covid-19