Pemerintah Bersiap Melakukan Transisi dari Pandemi Menuju Endemi
| Dilihat 427 Kali

Pemerintah Bersiap Melakukan Transisi dari Pandemi Menuju Endemi

Pemerintah Bersiap Melakukan Transisi dari Pandemi Menuju Endemi

Hampir dua tahun masyarakat Indonesia dan seluruh dunia menghadapi pandemi Covid-19. Sebuah kenyataan bahwa Covid-19 tidak akan dengan mudah hilang dari Indonesia dan negara-negara lainnya dalam waktu cepat, merupakan hal yang harus diterima serta disikapi dengan bijaksana oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, pemerintah memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk bersiap hidup berdampingan dengan Covid-19.

Pada pidatonya tanggal 10 September 2021, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah harus mulai bersiap untuk transisi dari pandemi menuju endemi, serta belajar hidup bersama dengan Covid-19. Selain itu, Presiden juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, meskipun Covid-19 telah berubah menjadi endemi.

Dalam persiapannya, pemerintah memiliki 3 poin himbauan kepada masyarakat agar mampu hidup berdampingan dengan Covid-19 serta terhindar dari infeksi virus, sebagai berikut :

  1. Tidak melakukan euforia berlebihan hingga lalai dalam menerapkan protokol ksehatan

  2. Tetap menggunakan masker dalam menjalani setiap aktivitas dan interaksi.

  3. Sesegera mungkin melakukan vaksinasi Covid-19.

Dengan menerapkan ketiga hal tersebut, diharapkan masyarakat tetap dapat hidup produktif, sehat, dan bebas dari paparan Covid-19, sehingga semua aspek kehidupan termasuk roda perekonomian dan kehidupan sosial budaya dapat berjalan seperti sedia kala .

 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

 

Sumber :

1. https://covid19.go.id/masyarakat-umum/mari-bersiap-transisi-dari-pandemi-ke-endemi 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Tetap Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi Covid-19