Mengenal Penyakit Hiperglikemia

| Dilihat 1753 Kali

Mengenal Penyakit Hiperglikemia
Mengenal Penyakit Hiperglikemia

Apa itu penyakit Hiperglikemia? pertanyaan tersebut mungkin akan sulit dijawab oleh masyarakat awam, padahal hiperglikemia salah satu masalah kesehatan yang memberikan dampak cukup serius, dimana pasien dapat mengalami gangguan penurunan kesadaran (Ketoasidosis), mengalami infeksi yang berulang, hingga mengalami penurunan berat badan.

Hiperglikemia adalah kondisi dimana Diabetes Melitus(DM) pada tubuh pasien tidak terkontrol, sehingga kadar glukosa darah sangat tinggi hingga mencapai >300 mg/dl. Melihat dampak yang ditimbulkan tersebut, penting bagi masyarakat untuk mulai memperhatikan konsumsi gula dan mengetahui gejala dari hiperglikemia.

Gejala Hiperglikemia

Berikut ini adalah gejala hiperglikemia yang harus diwaspadai, terutama pada pasien penderita Diabetes Melitus:

  1. Mulut dan kulit terasa kering

  2. Sering merasa kehausan

  3. Pusing

  4. Penglihatan yang mulai buram atau kabur

  5. Intensitas buang air kecil yang meningkat

  6. Nafas terengah-engah dan bau nafas yang tidak sedap

Diharapkan masyarakat bisa lebih memperhatikan kesehatan tubuh dengan rutin melakukan cek gula darah ke fasilitas kesehatan terdekat. Hal ini dilakukan agar proses penanganan dapat dilakukan sedini mungkin, sebelum menimbulkan efek yang lebih serius.

Selain itu, jangan lupa untuk terus disiplin dalam menerapkan perilaku hidup sehat dengan makan-makanan yang tinggi serat, vitamin dan mineral,, rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik ringan minimal 30 menit perhari, dan mencukupi kebutuhan tidur harian agar tubuh tetap sehat dan sanggup menjalani aktivitas harian.

Review: Astasari