Live Report Kegiatan Penanganan KLB DBD Kabupaten Asmat

| Dilihat 219 Kali

Live Report Kegiatan Penanganan KLB DBD  Kabupaten Asmat
Live Report Kegiatan Penanganan KLB DBD Kabupaten Asmat

Peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) berbagai daerah di Indonesia harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak menjadi masalah kesehatan yang lebih buruk. Salah satunya yang berada di Kabupaten Asmat Provinsi Papua. Sebuah daerah yang dikenal dengan Kota Seribu Papan tersebut, saat ini tengah mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue.

Melihat kondisi tersebut, Tim Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat secara langsung datang untuk melakukan penanganan KLB DBD di daerah tersebut dengan berbagai sasaran yaitu, sekolah (SD, SMP, SMA, SMK), Pramuka, Puskesmas, Pustu, Tokoh agama dan masyarakat.

Selain itu, tim Direktorat Promkes dan PM juga menginisiasi untuk membentuk kader jumantik yang nantinya akan bertugas untuk melakukan pendampingan dari berbagai program yang telah dicanangkan, salah satunya adalah ASIK (Asmat bebaS jentIK).

Guna mengabarkan kondisi terkini penanganan KLB DBD di Kabupaten Asmat, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat juga menyelenggarakan live report melalui Instagram pada Hari Jumat Tanggal 05 Agustus 2022 pukul 13.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut, Ibrahim Dwi Rudianto selaku perwakilan dari tim yang bertugas juga menjelaskan bahwa saat ini sebanyak 11 pasien telah ditangani oleh Rumah sakit Daerah, berdasarkan rujukan atau hasil temuan dari fasyankes terdekat.

Lebih lanjut, Ibrahim juga menjelaskan bahwa proses penanganan juga mendapatkan dukungan dan sambutan yang baik dari masyarakat sekitar, sehingga dengan berbagai program yang telah dicanangkan, diharapkan dapat dilanjutkan dan meminimalisir penyebaran paparan DBD di tengah masyarakat Asmat.