Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Hari Lions Indonesia ke-52 dan Hari Kesehatan Nasional ke-57
| Dilihat 184 Kali

KEGIATAN DONOR DARAH DALAM RANGKA HARI LIONS INDONESIA KE-52 DAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-57

KEGIATAN DONOR DARAH DALAM RANGKA HARI LIONS INDONESIA KE-52 DAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-57

Pada hari Sabtu dan Minggu (13 dan 14 November 2021) telah berlangsung kegiatan donor darah masal yang dilakukan di beberapa titik di Indonesia, salah satunya di Thamrin City Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Lions ke-52 dan menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57.
 
Hadir mewakili Menteri Kesehatan, Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Ekonomi Kesehatan, dr. H.M. Subuh, MPPM, menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan. Hadir juga Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Ketua Dewan Gubernur Perkumpulan Lions Indonesia MD 307, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, dan CEO Thamrin City. Kegiatan ini menargetkan dapat mengumpulkan 5.200 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan cadangan stok darah PMI, yang mana tidak dapat dipungkiri mengalami kekurangan cadangan stok darah selama pandemic COVID-19.
 
Sejalan dengan tema Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke – 57 tahun 2021 “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”, kegiatan donor darah ini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk tetap bergotong royong dalam upaya kesehatan walaupun masih di tengah situasi pandemi Covid-19, dimana kebutuhan akan darah tetap harus terpenuhi secara aman dan berkualitas. 

Bagi manusia, darah yang aman untuk transfusi merupakan aspek yang penting dalam pelayanan kesehatan. Darah tersebut dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan meningkatkan status kesehatan pasien setiap harinya. Berdasarkan data laporan UTD tahun 2020 di Indonesia produksi kantong darah sebanyak12.373.503 kantong. Kebutuhan ini setiap tahun semakin meningkat.Untuk memenuhi kebutuhan ketersediaan darahmembutuhkan pendonor sukarela yang menyumbangkan darahnya secara rutin.

Artis Ikke Nurjanah turut hadir memeriahkan kegiatan donor darah sebagai pemandu acara bincang-bincang membahas seputar HKN dan Lions Club dengan Direktur Promosi Kesehatan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat serta  Ketua Dewan Gubernur Perkumpulan Lions Indonesia MD 307.

Kegiatan yang berlangsung dua hari tanggal 13 dan 14 November 2021, merupakan salah satu bentuk sinergi pemerintah dengan lintas sektor dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan kepedulian sosial bagi sesama.

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan akan memperkuat kebersamaan kita sebagai bangsa Indonesia dalam perjuangan memerangi Covid-19 dan mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat.

 

Berikut adalah foto kegiatan donor darah :



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Indonesia Berhasil Lampaui Target WHO untuk Vaksinasi Covid-19