Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2020
| Dilihat 1103 Kali

Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2020

Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2020

Kementerian Kesehatan telah dan terus menggulirkan kampanye pencegahan Covid-19 sesuai dengan arahan Presiden RI. Kampanye dengan 3 tahap yaitu Kampanye Pakai masker pada bulan Agustus, Kampanye Jaga Jarak pada bulan September, serta Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Oktober. Kampanye CTPS selama Oktober juga bertepatan dengan Hari CTPS Sedunia sebagai yang dilaksanakan tahunan setiap tanggal 15 Oktober. Tema tahun ini adalah Kebersihan Tangan untuk Semua, dimana khususnya perilaku CTPS menjadi salah satu cara efektif dan dapat dilakukan masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19.

Dalam kampanye nasional ini, ditekankan kembali bahwa pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dan bahwa kemitraan antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat  menjadi sangat penting. Sehubungan dengan hal itu, dengan terbentuknya Kemitraan Swasta-Publik untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS) diharapkan dapat meningkatkan upaya promosi kesehatan dan memicu inisiatif secara berkelanjutan dalam mendukung perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun yang benar di Indonesia.

Pada Kamis, 15 Oktober 2020 telah digelar Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Kamis secara live Youtube dari Hotel Aston Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada acara tersebut telah dibahas pentingnya sinergi antara pemerintah dan mitra pembangunan serta para pemangku kepentingan dalam upaya perubahan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun. Kemitraan Swasta-Pemerintah yang didukung oleh 19 perusahaan, lembaga, dan asosiasi menyatakan Seruan Aksi Nasional “Tangan Bersih untuk Semua”. KSP-CTPS juga menekankan agar semua pemangku kepentingan untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun; bekerja secara kolaboratif dengan semua pemangku kepentingan untuk perilaku CTPS; memastikan bahwa promosi dan ketersediaan sarana cuci tangan terawat dan berkelanjutan dan menyampaikan pengetahuan tentang cuci tangan dengan benar.

Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto mengajak semua kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan untuk semakin menekankan pentingnya cuci tangan pakai sabun dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya, dengan didukung oleh ketersediaan sarana CTPS agar meningkatkan akses masyarakat ke sarana tersebut. Menkes juga menghimbau pemerintah daerah meningkatkan kampanye CTPS di daerah masing-masing dan menyediakan sarana CTPS di berbagai tatanan rumah tangga dan tempat-tempat umum. Diharapkan semua pihak yang berwenang secara terus menerus mempromosikan perubahan perilaku dan praktik bersih melalui kampanye CTPS.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah menteri diantaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Agama, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Menteri Dalam Negeri. Para menteri mengajak semua pemangku kepentingan di kantor kementerian dan juga mitra pembangunan serta pengambil keputusan untuk membantu kampanye cuci tangan pakai sabun di ruang lingkup kerja masing-masing.

Dalam Sesi I, telah hadir empat (4) kepala daerah dan para dirjen/deputi dari sembilan (9) kementerian yang terkait dan mengeluarkan regulasi untuk protokol kesehatan. Para narasumber membahas berbagai tantangan dalam implementasi kebijakan yang telah dikeluarkan menteri, gubernur, dan bupati/wali kota.

Pada sesi 2 turut hadir Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan. Bersama dengan para pegiat kemitraan swasta-pemerintah mendiskusikan upaya dukungan perilaku CTPS, dan pentingnya kolaborasi dalam promosi maupun menjawab permasalahan sarana CTPS di tempat kerja, pabrik, pusat bisnis dan niaga, sekolah/madrasah, tempat ibadah, komunitas, tempat wisata, dan tempat umum lainnya.

KSP-CTPS mempublikasi naskah (sekaligus video): Seruan Aksi Nasional “Tangan Bersih untuk Semua”. Sesi ini membahas tantangan kemitraan yang berkelanjutan dimana CTPS sebagai penguatan unsur Gerakan Masyarakat Hidup Sehat/GERMAS dan pilar kedua Sanitasi Total Berbasis Masyarakat/STBM) melalui kemitraan pemerintah dan swasta di seluruh pelosok Indonesia.

Saksikan Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di:
Sesi I: https://www.youtube.com/watch?v=oCOcIjLLGlI
Sesi II: https://www.youtube.com/watch?v=ZAg8vP0msS0

ILM CTPS:
https://www.youtube.com/watch?v=j6smd0SsOEA
https://www.youtube.com/watch?v=rPPTzgob7KI

Kunjungi pula:
Facebook Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat
Instagram https://www.instagram.com/dit.promkes
Twitter https://twitter.com/ditpromkes
Youtube https://www.youtube.com/user/puspromkes



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Liburan Aman di Masa Pandemi