Kabar Gembira: Kasus Aktif Covid-19 Terus Mengalami Penurunan

| Dilihat 580 Kali

Kabar Gembira: Kasus Aktif Covid-19 Terus Mengalami Penurunan
Kabar Gembira: Kasus Aktif Covid-19 Terus Mengalami Penurunan

Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia telah menunjukkan kenaikan tren kesembuhan dari penyakit infeksi Covid-19. Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per tanggal 5 Maret 2022 menyebutkan tingkat kesembuhan akibat Covid-19 sebanyak 46.669. Adapun angka kesembuhan tersebut lebih tinggi dari pencapaian kemarin, yaitu sebanyak 40.462. Tidak sampai disitu, angka kasus aktif Covid-19 juga menunjukkan penurunan secara konsisten hingga menyentuh 500.418, serta angka keterisian tempat tidur di rumah sakit juga masih bertahan di posisi 31% dari kapasitas nasional. 

Pada keterangannya terhadap media, dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 menyampaikan bahwa meskipun terdapat kenaikan yang cukup signifikan pada angka kesembuhan dan penurunan secara konsisten pada kasus aktif, masyarakat diharapkan dapat tetap terus bekerja keras serta bekerja sama untuk mengendalikan pandemi Covid-19 sesuai dengan yang diharapkan bersama.

Dalam penanganan Covid-19, bagi masyarakat umum jika terinfeksi COVID-19 dan tanpa gejala (OTG) maupun bergejala ringan, dapat dirawat isolasi mandiri (isoman) di rumah maupun di isolasi terpusat (isoter) yang disediakan pemerintah. Fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan baik di puskesmas, isoter, maupun konsultasi jarak jauh menggunakan fasilitas telemedisin bisa dimanfaatkan masyarakat dengan gejala ringan ataupun OTG. Namun, bagi lansia terlebih dengan komorbid termasuk ke dalam kelompok rentan terhadap paparan Covid-19, pemerintah merekomendasikan para lansia agar berkonsultasi dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat terkait kondisi dan gejala yang saat ini sedang dideritanya.

Merespon kondisi demikian, pemerintah terus menerus melakukan perluasan serta percepatan cakupan vaksinasi dosis primer dan vaksinasi dosis lanjutan (booster) agar herd immunity dapat segera terbentuk, meminimalisir angka rawat inap dan kematian sebagai kemungkinan terburuk bagi masyarakat akibat dari infeksi Covid-19.

Masyarakat juga diharapkan mampu bekerjasama dengan baik untuk dapat menerapkan protokol kesehatan (mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker, membatasi mobilitas, menjauhi kerumunan) serta bersegera dalam mendapatkan Vaksinasi Covid-19. 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Astasari, S.Sos, MKM

 

Sumber ;

1.    https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220306/5139468/angka-kesembuhan-covid-19-terus-meningkat-dengan-kasus-aktif-yang-konsisten-turun/