Indonesia Raih Peringkat 5 Dunia dalam Capaian Vaksinasi Covid-19
| Dilihat 323 Kali

Indonesia Raih Peringkat 5 Dunia dalam Capaian Vaksinasi Covid-19

Indonesia Raih Peringkat 5 Dunia dalam Capaian Vaksinasi Covid-19

Adanya perhatian khusus yang diberikan oleh pemerintah, tenaga medis, berbagai pihak lainnya termasuk masyarakat itu sendiri terhadap penanganan kasus Covid-19, telah memberikan hasil yang cukup membanggakan. Penanganan Covid-19 khususnya penyelenggaraan vaksinasi nasional di Indonesia mulai menunjukkan hasil yang positif.. Hal ini bisa dilihat dari capaian vaksinasi Indonesia, dimana dalam kurun waktu 10 bulan Indonesia telah berhasil mencapai 157.707.427 juta penduduk yang telah divaksinasi Covid-19.

Dengan capaian tersebut, mulai tanggal 6 Oktober 2021 Indonesia telah mencatatkan diri sebagai negara dengan peringkat ke-5 dengan capaian vaksinasi terbanyak di dunia. Selain itu, total suntikan vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua Covid-19 di Indonesia apabila digabungkan, telah mencapai lebih dari 157 juta dosis, sehingga membuat Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-6 dunia.

Saat ini, vaksinasi nasional masih berjalan dengan baik dan mendapatkan dukungan yang baik pula dari masyarakat. Dalam proses berjalannya program vaksinasi nasional ini, Indonesia sudah menerima lebih dari 222 juta dosis vaksin Covid-19 dan sebanyak 193 juta sudah didistribusikan ke daerah dengan 157 juta dosis sudah disuntikkan. Dengan adanya prestasi yang telah dicapai tersebut, diharapkan akan semakin memberikan motivasi kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengikuti program Vaksinasi Covid-19 secara nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini diharapkan agar kekebalan kelompok/herd immunity di tengah masyarakat dapat segera tercapai, dan kemungkinan kematian serta rawat inap akibat Covid-19 dapat diminimalisir. Untuk penguatan pesan kepada masyarakat, masyarakat tetap dihimbau untuk melakukan disiplin protokol kesehatan cegah Covid-19 sebagai dukungan terhadap program vaksinasi tersebut.

 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

 

Sumber :

1. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/indonesia-peringkat-ke-5-dunia-vaksinasi-terbanyak

 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Capaian Vaksinasi dan Disiplin Protokol Kesehatan Harus Terus Ditingkatkan