Indonesia Capai Cakupan 15,1 Juta Dosis dalam Cakupan Vaksinasi Covid-19
| Dilihat 809 Kali

Indonesia Capai Cakupan 15,1 Juta Dosis dalam Cakupan Vaksinasi Covid-19

Indonesia Capai Cakupan 15,1 Juta Dosis dalam Cakupan Vaksinasi Covid-19

Indonesia merupakan salah satu negara yang tengah melangsungkan program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah memasuki tahap kedua yang diperuntukkan bagi lansia dan petugas publik. Saat ini, cakupan vaksinasi Covid-19 telah mencapai 15,1 juta dosis vaksin.

dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid selaku Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa cakupan tersebut berdasarkan data cakupan vaksinasi Covid-19 per 11 April 2021. Cakupan tersebut sudah termasuk dosis pertama dan kedua bagi tenaga kesehatan, lansia, dan petugas publik. Rata-rata kapasitas penyuntikan vaksin sejumlah 500 ribu dosis per hari.

Saat ini, pemerintah sedang berupaya melakukan percepatan cakupan Vaksinasi Covid-19, khususnya bagi lansia. Hal ini dikarenakan cakupan bagi lansia cukup rendah dengan jumlah yang telah divaksinasi sekitar 2 juta jiwa, berbanding dengan petugas publik yang sudah mencapai 6 juta jiwa.

Percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 bagi lansia telah ditetapkan sebagai prioritas utama. Hal ini dikarenakan lansia merupakan kelompok yang paling rentan terpapar dan paling tinggi risiko kematian dan kesakitan akibat Covid-19.

Strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam percepatan cakupan ini adalah dengan membuka sentra vaksinasi di berbagai wilayah Indonesia. Sentra vaksinasi dihadirkan agar lansia dapat melakukan vaksinasi di sentra vaksinasi terdekat dan tidak harus menyesuaikan dengan KTP atau dilengkapi dengan surat keterangan domisili.

dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menghimbau kepada masyarakat yang memiliki keluarga lansia untuk segera mendaftarkan dan membantu proses mendapatkan vaksinasi tersebut.

“Kami menghimbau bagi keluarga yang memiliki orang tua yang belum mendapatkan Vaksinasi Covid-19, pada bulan suci Ramadan ini kita sama-sama menunjukkan bakti kita terhadap orangtua dengan membantu mendaftarkan dan membawa mereka untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, sehingga mereka terlindungi dari paparan Covid-19,” kata dr. Nadia.

Selain itu, dr. Nadia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan meski sudah mendapatkan vaksin.

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Webinar “Vaksinasi Covid-19 Semakin Mendekati Kemenangan, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan”