ASEAN Smoke-free Awards (ASA) Launch and Forum

| Dilihat 255 Kali

ASEAN Smoke-free Awards (ASA) Launch and Forum
ASEAN Smoke-free Awards (ASA) Launch and Forum

Bertepatan dengan 15th ASEAN Health Minister Meeting and Related Meetings di Bali, telah diselenggarakan side event ASEAN Smoke-free Awards (ASA) Launch and Forum pada tanggal 13 Mei 2022 secara daring dan luring yang dipimpin oleh negara Laos dan bekerjasama dengan Aliansi Pengendalian Tembakau Asia Tenggara (SEATCA) serta Sekretariat ASEAN. Acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan penghargaan ini sekaligus menandai dimulainya pencarian nominasi penghargaan dan adanya sharing praktik baik dalam membina kota bebas asap rokok.

Acara dihadiri oleh Delegasi 15th ASEAN Health Minister Meeting and Related Meetings dan, Mitra Dialog, WHO, Sekretariat ASEAN; Perwakilan dari SEATCA, Smoke-free Country Coordinators (SCC) negara anggota ASEAN, ASEAN Contact Points for Tobacco Control, Country Coordinators for ASEAN Health Cluster 1 on Promoting Healthy Lifestyle, pejabat dan perwakilan dari sektor non-kesehatan ASEAN dan dari Mitra Dialog dan Pembangunan, dan pemangku kepentingan terkait yang berkepentingan dengan pengendalian tembakau.

Penyelenggaraan ASEAN Smoke-free Awards merupakan inisiatif di tingkat regional ASEAN untuk mempromosikan lingkungan bebas asap rokok dengan harapan mengurangi penggunaan tembakau dan mendukung gaya hidup sehat bagi seluruh masyarakat ASEAN. ASEAN Health Sector memprioritaskan inisiatif regional yang memperkuat upaya nasional untuk mempromosikan lingkungan bebas asap rokok dalam upaya melindungi semua orang dari paparan asap tembakau. ASEAN Smoke-free Awards merupakan kegiatan ASEAN Health Cluster 1 dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan upaya untuk mempromosikan lingkungan bebas asap rokok di seluruh Kawasan ASEAN. ASEAN Smoke-free Awards juga merupakan kontribusi ASEAN Health Sector dalam operasionalisasi Deklarasi ASEAN tentang Culture of Prevention for a Peaceful, Inclusive, Resilient, Healthy and Harmonious Society (Budaya Pencegahan untuk Masyarakat Damai, Inklusif, Tangguh, Sehat, dan Harmonis) yang diadaptasi pada KTT ASEAN ke-31 pada November 2017.

Awal pengumpulan nominasi penghargaan  di tanggal 31 Mei 2022 akan menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) tahun 2022 yang mengangkat isu tembakau merupakan ancaman bagi lingkungan. Penerapan lingkungan bebas asap rokok melalui Kawasan Tanpa Rokok (KTR) merupakan salah satu cara efektif untuk melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok dan dampak pada lingkungan dengan melarang merokok di berbagai tatanan, termasuk rumah, institusi pendidikan, tempat kerja dan tempat-tempat umum.

Penulis : Febrima Wulan