4 Kondisi yang Mengharuskan Kamu Tetap Menggunakan Masker

| Dilihat 852 Kali

4 Kondisi yang Mengharuskan Kamu Tetap Menggunakan Masker
4 Kondisi yang Mengharuskan Kamu Tetap Menggunakan Masker

Penanganan pandemi Covid-19 di indonesia terus mengalami perbaikan dari waktu ke waktu. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya kasus Covid-19 dan meningkatnya angka masyarakat yang telah melakukan vaksinasi lengkap 2 dosis maupun booster.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah mulai berani melakukan transisi dari pandemi menuju endemi. Langkah awal yang diambil dalam wacana diatas adalah dengan melakukan pelonggaran penggunaan masker di tengah masyarakat. Penerapan peraturan tersebut, dicanangkan oleh Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan pada 17 Mei 2022 saat jumpa pers secara daring bersama Satgas Penanganan Covid-19.

Namun demikian, pelonggaran penggunaan masker bukan menjadi ajang bagi masyarakat untuk melepas masker secara total, tapi terdapat beberapa situasi dan kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk tetap menggunakan masker untuk mencegah paparan dan penyebaran Covid-19, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Beraktivitas di luar ruangan yang padat orang

  2. Masyarakat yang termasuk dalam kelompok rentan (Lansia atau memiliki penyakit komorbid)

  3. Beraktivitas di dalam ruangan tertutup dan minim ventilasi

  4. Saat mengalami gejala batuk dan pilek

Dengan memahami 4 kondisi diatas, diharapkan masyarakat dapat saling melindungi dan terhindar dari paparan Covid-19. Angka kasus aktif mengalami penurunan dan penyebaran Covid-19 juga dapat dihentikan.

Tetap terapkan pola hidup bersih dan bersegera dalam mendapatkan vaksin Covid-19 untuk meningkatkan Herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah masyarakat. Segera lakukan isolasi mandiri dan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat melalui fitur telemedicine apabila mengalami gejala Covid-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Editor: Astasari