Fakta di Balik Opor Ayam

| Dilihat 2995 Kali

Fakta di Balik Opor Ayam
Fakta di Balik Opor Ayam

Ternyata, manfaat opor ayam bukan sekadar mengenyangkan perut. Pasalnya, salah satu makanan yang muncul dalam menu Idul Fitri tersebut mempunyai khasiat untuk kesehatan.

Opor ayam yang pada umumnya disajikan bersama lontong ternyata kaya akan gizi dan nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin, hingga selenium. Dengan kandungan sebanyak itu, tak heran kalau opor ayam menyimpan sejumlah fakta kesehatan seperti berikut.

Fakta Sehat Opor Ayam

  • Meningkatkan fungsi otak

Khasiat pertama yang akan Anda dapatkan dari opor ayam adalah peningkatan fungsi dan performa otak. Hal tersebut dikarenakan adanya zat besi yang dalam kadar tertentu, membantu tumbuh kembang organ tadi. Dengan manfaat seperti ini, opor ayam bisa menjaga kesehatan otak, terutama anak-anak yang tengah berada dalam masa pertumbuhan.

  • Memperkuat struktur tulang

Susu dan produk olahannya bukan satu-satunya jenis makanan yang sanggup menguatkan struktur tulang. Opor ayam ternyata bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang karena mempunyai kadar kalsium di dalamnya. Walau manfaat opor ayam yang satu ini tidak memberikan pengaruh sekuat susu, tetapi tetap dapat Anda pakai sebagai bentuk perlindungan terhadap tulang.

  • Menunjang daya tahan tubuh

Zat besi yang terdapat dalam opor ayam bukan cuma berkhasiat bagi otak. Dalam porsi konsumsi yang normal, kandungan yang terdapat dalam hidangan bersantan tersebut dapat menunjang performa sistem kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh yang prima tentunya akan melindungi tubuh Anda dari serangan virus maupun bakteri yang menyebabkan penyakit.

  • Mencegah terjadinya anemia

Orang-orang yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah biasanya mudah lemah dan tidak dapat beraktivitas secara maksimal. Sebagai tindakan pencegahan, penderita anemia dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan, salah satunya daging-dagingan. Dalam hal ini, opor ayam dianggap memenuhi kriteria karena dibuat dari daging ayam.

Kendati menyimpan fakta-fakta kesehatan yang mengagumkan, opor ayam tak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Hidangan ini nyatanya memiliki kandungan kalori mencapai 203 kkal. Sebaiknya, santap dalam porsi normal supaya Anda mendapatkan manfaat opor ayam secara menyeluruh dan optimal.