Makan Enak Sambil Melawan Rematik
| Dilihat 388 Kali

Makan Enak Sambil Melawan Rematik

Makan Enak Sambil Melawan Rematik

Siapa bilang rematik hanya menyerang lansia. Di beberapa kasus, rematik ditemukan juga menyerang usia muda. Masalah pada sistem kekebalan atau auotimun yang disebabkan oleh penerapan gaya hidup tak sehat acap kali menjadi penyebab munculnya rematik di usia muda.

Penyakit yang menyerang persendian dan tulang ini memang bisa diobati. Kendati demikian, meski bisa diobati, rematik tidak seratus persen bisa dihilangkan. Oleh karena itu, upaya paling baik melawan rematik adalah melalui pencegahan.

Nah, mencegah suatu penyakit tidak melulu melalui pengalaman berat dan kerja keras lho. Contohnya pencegahan munculnya rematik yang bisa dilakukan justru melalui makan enak.

Penasaran? Berikut ini beberapa makanan enak yang bisa membantu kamu melawan rematik.

  1. Ikan salmon

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon membantu mengurangi protein C-reaktif (CRP) dan interleukin-6, dua protein penyebab peradangan dalam tubuh Anda. Jadi, bergembiralah wahai pecinta sushi! Sebab, salah satu sajian makanan enak dari sushi ini bisa melawan rematik atau radang sendi, lho.

  1. Teh hijau

Musim hujan enaknya bersantai di beranda sambil minum segelas teh hijau hangat. Selain bisa membuat lebih santai, teh hijau juga dipercaya bisa melawan rematik. Kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau dapat menghambat produksi molekul yang mengakibatkan kerusakan sendi.

  1. Selai kacang

Siapa sih yang tidak suka selai kacang? Selain enak, selai kacang juga bisa mengenyahkan rematik, lho. Kandungan zat alami niacinamide dalam selai kacang—kacang-kacangan, berguna untuk kesehatan sendi.

  1. Produk olahan susu

Kekurangan vitamin D dan kalsium akan berujung pada beberapa masalah pada tulang, salah satunya rematik atau radang sendi. Mengkonsumsi produk olahan susu akan membantu tubuhmu mendapatkan asupan vitamin D dan kalsium.

  1. Anggur

Salah satu buah terbaik untuk meringankan rasa sakit karena arthritis adalah anggur. Buah anggur mengandung protein-protein yang dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan pada sendi.

Inilah setidaknya lima makanan enak yang bisa dikonsumsi untuk mencegah atau meredakan nyeri dari rematik. Tapi jangan sengaja terserang rematik dulu untuk bisa puas mengkonsumsi makanana-makanan enak di atas ya.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Main Ponsel Menjelang Tidur? Selamat Datang Insomnia