Agar Tetap Bugar Saat Musim Hujan
| Dilihat 1218 Kali

Agar Tetap Bugar Saat Musim Hujan

Agar Tetap Bugar Saat Musim Hujan

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa sebenarnya air hujan bagus untuk kesehatan. Sejatinya memang air hujan baik untuk tubuh, tak hanya itu beberapa penelitian juga memanfaatkan hujan untuk diolah menggunakan teknologi tepat guna untuk sumber air bersih.

Hal ini membuktikan bahwa karakteristik air hujan sebenarnya memiliki sifat yang tak jauh berbeda dengan air tanah, air alami yang dihasilkan oleh alam. Namun tentu air hujan yang langsung jatuh dari langit.

Namun seringkali saat musim penghujan tiba, kita seringkali terserang penyakit. Beberapa penyakit yang mudah menyerang di musim hujan antara lain, penyakit yang disebabkan virus (flu, demam berdarah dan muntah), bakteri dan parasit (diare, disentri, cacingan), jamur kulit, asma, serta hidung tersumbat.

Perubahan cuaca membuat tubuh menjadi rentan terserang penyakit-penyakit tersebut. Ada beberapa cara sehat agar tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

  1. Rajin Olahraga

Kesibukan seharusnya tak jadi alasan seseorang malas berolah raga. Tak hanya untuk mencegah terserang penyakit saat terjadi perubahan cuaca, olah raga juga menjadi bekal saat tubuh kita tak lagi mampu secara optimal menghasilkan imunitas seperti saat kita muda.

Kita dapat meluangkan waktu untuk berolahraga ringan stretching, jalan cepat, loncat-loncat. Bahkan di tempat kerja pun kita bisa menyiasati kebutuhan olahraga dengan menggunakan tangga sesering mungkin atau lebih sering berjalan kaki. Hal ini membantu tubuh kita untuk sedikit berkeringat dan menjaga agar tetap hangat saat kondisi sedang hujan.

  1. Menyiapkan pakaian atau sepatu dan kaus kaki kering

Jika ternyata hujan membasahi apa yang kita kenakan untuk manjalani aktivitas harian, sebaiknya sediakan gantinya. Yang paling sering kebasahan saat hujan tiba adalah sepatu dan kaus kaki. Sepatu dan kaus kaki yang basah apabila tak terus dikenakan tentu akan membuat kaki kita menjadi lembab dan mudah ditumbuhi jamur baik pada kulit maupun kuku.

Selain menyebabkan bau yang tak sedap, tentu juga akan sangat mengganguu apabila sampai terserang gatal-gatal

  1. Minum yang Hangat, tapi Bukan kafein

Minumlah air putih hangat, bisa diberi sedikit jahe tanpa gula atau pepermint, beberapa tetes juruk nipis. Ini akan membantu menghangatkan badan dan mengurangi lapar. Hindari minum kopi atau teh karena akan memacu buang air kecil lebih banyak, sehingga menyebabkan kekurangan cairan yang tidak disadari.

  1. Perbanyak Makan Buah

Kandungan vitamin pada buah-buahan akan membantu tubuh kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kondisi hujan cenderung membuat seseorang lebih cepat lapar, oleh karenanya buah-buahan dapat sewaktu-waktu disantap dan akan menghindarkan kelebihan masukan karbohidrat dari tepung seperti roti, nasi, biskuit, crackers, gula, kelebihan garam dan lemak.

  1. Sediakan Payung

Air hujan tidak selalu bersih, hujan pertama yang turun justru akan meluruhkan kadar polusi di udara. Oleh sebab itu saat hari-tiba-tiba hujan, kandungan hujan pertama justru akan mengandung partikel polusi yang dapat menyebabkan kita pusing.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Hari Dokter Nasional