Kemenkes Menerima Hibah Alat Skrining Pencegah Stunting

| Dilihat 167 Kali

Kemenkes Menerima Hibah Alat Skrining Pencegah Stunting
Kemenkes Menerima Hibah Alat Skrining Pencegah Stunting

Komitmen dalam menciptakan anak Indonesia yang unggul, tangguh dan berkualitas  masih terus dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah terus melakukan pencegahan stunting di tengah masyarakat Indonesia. Berbagai upaya mulai dari penyuluhan hingga penanganan kasus terus dilakukan demi mencegah generasi penerus yang baru lahir mengalami stunting dan keterbelakangan mental.

Upaya pencegahan stunting juga terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Tepat pada 21 Mei 2022 Kementerian Kesehatan telah menerima hibah 4 unit alat Genetic Screening Processor (GSP) dan DBS Puncher PerkinElmer dari PT UBC Medical Indonesia. alat tersebut nantinya akan membantu skrining terhadap sindrom hipotiroid kongenital pada bayi baru lahir untuk mencegah stunting dan keterbelakangan mental.

Dalam pernyataannya pada acara tersebut Prof. Dr. Abdul Kadir, PhD, Sp. THT-KL(K), MARS selaku Dirjen Pelayanan Kesehatan menyebutkan bahwa skrining sindrom hipotiroid kongenital pada bayi baru lahir penting dilakukan agar pengobatan dapat segera dilakukan sejak dini sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan normal.

Kegiatan skrining hipotiroid kongenital tahun ini akan mulai dapat diakses oleh bayi yang baru lahir di seluruh Indonesia, dan dapat dilakukan pada fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS. Dengan kebijakan tersebut. Diharapkan angka stunting di Indonesia dapat terus mengalami penurunan dan dapat mencetak generasi yang unggul, sehat dan berkualitas.

 

Review: Astasari