Yuk Rutin Periksa Kesehatan Ibu dan Bayi Semasa Nifas!
| Dilihat 1172 Kali

Yuk Rutin Periksa Kesehatan Ibu dan Bayi Semasa Nifas!

Yuk Rutin Periksa Kesehatan Ibu dan Bayi Semasa Nifas!

Baru selesai bersalin dan memasuki nifas? Apakah anda sudah memeriksa kesehatan sang Ibu dan bayi? Kalau belum, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan rutin ibu dan bayi semasa nifas.

Masa nifas adalah masa yang dihitung setelah hari pertama seorang ibu melahirkan hingga 6 minggu atau sekitar 42 hari. Ini menjadi tahapan kritis bagi kesehatan fisik dan mental sang ibu. Karena ibu akan mengalami berbagai perubahan fisik dan mental ketika mengandung bayi dan mengalami stres ketika melahirkan. Ibu juga memperoleh tekanan tambahan, karena harus merawat bayinya yang baru lahir.

Tujuan dari konsultasi ini untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi secara fisik maupun mental, mendeteksi masalah, mengobati atau merujuk jika terjadi komplikasi pada ibu ataupun bayi, pemberian wawasan perawatan kesehatan diri dan pelayanan KB.

Ibu dan bayi sangat dianjurkan melakukan pemeriksaan minimal 4 kali selama masa nifas dalam 42 hari ke bidan atau dokter ahli. Germas ini sangat penting meski umumnya Ibu merasa baik-baik saja dan tidak menunjukkan tanda kelelahan secara mental atau depresi. Apabila kondisi tidak diketahui, kemungkinan besar akan semakin memburuk dan berakibat fatal sampai berujung maut.

Untuk pemeriksaan kesehatan ibu semasa nifas terbagi menjadi beberapa tahapan. Pertama, pada 6 jam - 3 hari sesudah melahirkan. Kedua, pada hari ke 4 sampai 28 hari sesudah melahirkan. Dan ketiga, pada hari ke 29 - 42 hari sesudah melahirkan.

Pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari wawancara kondisi ibu nifas secara umum, mengukur tekanan darah, suhu tubuh, pernapasan, dan nadi, memeriksa lokhia dan perdarahan, kondisi jalan lahir dan tanda infeksi, payudara, kontraksi rahim, memberikan Vitamin A, konseling, pelayanan kontrasepsi dan pemberian nasihat.

Sedangkan untuk bayi, dilakukan pemeriksaan dengan penilaian APGAR, pencarian kelainan Kongenital, pemeriksaan cairan amnion, tali pusat, plasenta, menimbang berat badan serta membandingkannya dengan masa gestasi, pemeriksaan mulut, anus, garis tengah tubuh dan jenis kelamin.

Jadi, segera lakukan pemeriksaan kesehatan untuk Ibu dan bayi semasa nifas dengan rutin dan tepat waktu. Dan jangan lupa untuk membawa buku KIA nya.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Pembukaan Kemnakes ke IV