Tips Persiapan Mudik Lebaran Supaya Tetap Sehat di Perjalanan
| Dilihat 129 Kali

Tips Persiapan Mudik Lebaran Supaya Tetap Sehat di Perjalanan

Tips Persiapan Mudik Lebaran Supaya Tetap Sehat di Perjalanan

Persiapan mudik Idul Fitri atau Lebaran dilakukan banyak orang jauh-jauh hari sebelum hari raya besar tiba. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang mengabaikannya hingga memaksakan diri untuk pulang kampung saat kondisi kesehatan sedang kurang bagus. Akibatnya, perjalanan yang ditempuh kurang nyaman hingga berakhir pada kecelakaan yang fatal.

Sebelum kemungkinan buruk tersebut terjadi, alangkah baiknya persiapkan diri sematang mungkin demi menyambut mudik sehat dengan rangkaian tip berikut ini.

  • Menjaga kondisi fisik

Kondisi fisik menjadi prioritas yang harus diperhatikan seseorang sebelum pulang kampung. Sayangnya, mereka yang terlalu sibuk sekolah atau bekerja kadang tak sempat menjaga kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut, usahakan konsumsi makanan sehat dengan penunjang seperti suplemen atau vitamin. Lalu, lakukan olahraga ringan secara teratur.

  • Istirahat yang cukup

Perubahan jam waktu tidur selama Ramadhan cukup mengacaukan porsi istirahat beberapa orang. Sebagian di antara mereka pun memilih begadang atau tidur berlebih yang akan mengganggu kondisi kesehatan. Jika tak mau mengalami masalah saat mudik, sebaiknya atur ulang porsi istirahat untuk mencegah rasa kantuk di perjalanan.

  • Lakukan medical check-up

Diagnosis kesehatan sendiri sangat tidak dianjurkan dan membahayakan kondisi tubuh. Alangkah baiknya memeriksakan diri ke dokter langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Jadi, bila ada gejala penyakit terdeteksi, dokter bisa langsung mengambil tindakan medis dan pasien dapat menerima pengobatan secepatnya.

  • Membawa kotak P3K

Selalu bawa kotak P3K meski hasil medical check-up tidak mengindikasikan penyakit serius. Pasalnya, peluang gangguan kesehatan terjadi selama mudik tetap akan ada. Misalnya masuk angin, mabuk darat, atau cedera karena kecelakaan. Lengkapi kotak P3K yang dibawa dengan obat-obatan, balsem, kayu putih, perban, dan plester.

  • Bekal makanan dan minuman

Tidak perlu yang berat, camilan sehat seperti kacang-kacangan dan potongan buah saja sudah cukup untuk mengganjal perut selama berada di perjalanan. Minuman seperti air mineral kemasan juga akan mencegah kemungkinan dehidrasi yang kerap menyerang pemudik. Konsumsi bekal 3-4 jam sekali untuk menjaga stamina tubuh.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Pelepasan Rombongan Mudik Bersama Kementerian Kesehatan