Tips Memasak Untuk Menurunkan Lemak dan Kolesterol
| Dilihat 907 Kali

Tips Memasak Untuk Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Tips Memasak Untuk Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Kolesterol adalah senyawa lemak yang merupakan hasil produksi dari sel yang ada pada tubuh. Sel-sel hari adalah yang paling banyak memproduksi kolesterol sekitar seperempatnya. Tubuh sendiri memerlukan kolesterol supaya sehat.

Tetapi kolesterol yang berlebih malah membuat tubuh berisiko terkena penyakit tidak menular seperti stroke hingga penyakit jantung. Untuk mencegahnya, anda dapat melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin.

Apabila anda memiliki kebiasaan buruk merokok, obesitas, tekanan darah tinggi hingga diabetes sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kolesterol sejak dini. Bagi anda yang tidak termasuk pada hal-hal tersebut juga dapat melakukan pemeriksaan kolesterol sekitar 5 tahun sekali.

Kolesterol sendiri terdiri dari kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik (HDL) memiliki kegunaan untuk mencegah adanya penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan lemak. Sedangkan kolesterol jahat (LDL) adalah salah satu penyebab penyempitan pembuluh darah tersebut. Bentuk lain dari lemak adalah trigliserida yang terdapat dalam darah.

Tingkat kolesterol pada setiap orang berbeda karena tergantung dengan yang dikonsumsi. Sebagai cara untuk membatasi konsumsi lemak dan kolesterol anda dapat mengikuti beragam tips cara memasak yang benar untuk mengurangi kolesterol.

Tentunya ada beragam cara untuk menurunkan lemak dan kolesterol dalam tubuh, berikut dapat anda simak tips memasak yang dapat menurunkan asupan lemak dan kolesterol

Tips Memasak Untuk Menurunkan Lemak dan Kolesterol

  • Pertama adalah anda dapat menyiapkan peralatan memasak yang tidak lengket, jadinya anda tidak perlu lagi membutuhkan banyak minyak;
  • Lalu anda bisa gunakan kaldu jika dibandingkan dengan minyak;
  • Apabila anda menggoreng setelah matang jangan lupa tiriskan lemaknya;
  • Gunakan minyak nabati dalam masakan sekitar 1 sdm atau kurang;
  • Letakkan pada rak apabila anda memanggang daging, grill atau rebus/kukus sehingga lemak akan mengalir ke bawah dan tidak menempel di makanan;
  • Pergunakan bumbu, jeruk nipis, cuka, kaldu rendah lemak bukan dengan minyak, hal ini juga dapat meningkatkan cita rasa dan juga kandungan kalori dapat berkurang.


Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Tips Persiapan Mudik Sehat Natal Tahun Baru 2020