Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Sumatera Barat Tahun 2019
| Dilihat 144 Kali

Kegiatan Rakerkesda di Sumatera Barat

Kegiatan Rakerkesda di Sumatera Barat

Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Sumatera Barat telah dilaksanakan di Hotel Pangeran Beach, Padang pada 14-16 April 2019 dengan mengambil tema Kolaborasi Provinsi Kabupaten Kota dengan Dukungan Pusat dalam Penguatan Pelayanan Kesehatan Menuju Kesehatan Semesta.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, beliau menyebutkan bahwa kolaborasi antara pusat dan daerah dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu Menteri Kesehatan juga mengingatkan adanya kegiatan promotif dan preventif yaitu program GERMAS agar selalu digalakkan.

GERMAS sendiri terdiri dari kegiatan aktivitas fisik, rutin makan buah dan sayur dan cek kesehatan berkala dimana hal ini adalah salah satu cara dari hidup sehat, dengan jiwa dan raga sehat maka hidup akan lebi produktif lagi sehingga angka harapan hidup dapat meningkat.

Acara Rakerkesda ini juga mengangkat lima isu penting yaitu percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Neonatal (AKN), percepatan penurunan stunting, percepatan eliminasi TBC, peningkatan cakupan mutu imunisasi serta peningkatan pencegahan pengendalian penyakit tidak menular di Sumatera Barat.

Dalam hal ini Dinas Kesehatan Sumatera Barat demi mencapai target dari lima isu ini akan melakukan beragam kegiatan dengan kabupaten dan kota di Sumatera Barat, salah satunya dengan membentuk tim percepatan, melakukan upaya aktif dan edukasi, penguatan sarana dan prasarana serta melaksanakan gerakan masyarakat, salah satu contohnya yang sudah dilakukan saat pelaksanaan Car Free Day.

Rakerkesda ini diharapkan dapat memberikan solusi dalam menyusun rencana aksi di daerah terkait kesehatan dan didukung sinergi antara pusat, provinsi, kabupaten dan kota.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Rakontek Kesmas Provinsi Bengkulu Tahun 2019