Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Sulawesi Utara Tahun 2019
| Dilihat 67 Kali

Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Sulawesi Utara Tahun 2019

Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Sulawesi Utara Tahun 2019

Sebagai bagian upaya peningkatan pelayanan kesehatan dengan kolaborasi antara pusat dan daerah, telah digelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Sulawesi Utara di Grand Kawanua Internasional Convention Center Manado pada 9 April 2019.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Bupati dan Walikota, Wakil Bupati dan Wakil Walikota di Sulawesi Utara, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Sulawesi Utara, serta jajaran Dinas Kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara dan dibuka dengan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Steven Kandow.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Timur (Bolmut), Jusnan Mokoginta memaparkan inovasi dalam pencegahan stunting yang dinamakan Getar Cinta (Gerakan Terpadu Cegah Stunting Balita) dan Kopasus (koordinasi terpadu khusus).

Pada tahun 2016, Kabupaten Bolmut memiliki angka prevalensi tinggi di Sulawesi Utara, dengan adanya inovasi ini, angka prevalensi stunting di Bolmut berhasil turun hingga 22,8%. Keberhasilan ini dapat tercapai dengan adanya kerjasama Pemerintah Kabupaten Bolmut dengan TP-PKK Provinsi dan juga mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Kurangi Konsumsi Daging Untuk Mencegah Hipertensi Sebagai Langkah Sederhana