Rakornas Forikan Serukan Gemar Makan Ikan
| Dilihat 108 Kali

Rakornas Forikan Serukan Gemar Makan Ikan

Rakornas Forikan Serukan Gemar Makan Ikan

Hj Rahima Fachriori selaku Ketua Forum Konsumsi Ikan (Forikan) di Provinsi Jambi, pada kesempatan itu Rahima mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi Ikan, karena manfaat ikan dengan berbagai nutrisi dan protein yang dikandungnya, diantaranya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Hal tersebut disampaikan usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, yang dibuka oleh Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo, di Hotel Millennium Jakarta pada Kamis, 29 Agustus 2019.

Hj Rahima Fachrori mengakui bahwa Gemarikan telah lama diterapkan dalam lingkungan keluarganya dengan mendidik anak-anaknya gemar makan ikan sejak kecil, dan berharap agar masyarakat juga melakukan hal yang sama.

Konsumsi Ikan sejak seribu hari pertama kehidupan dapat dilakukan pada masing-masing keluarga terutama bagi anak-anak. Sebaiknya lebih banyak mengonsumsi ikan dalam menu sehari-hari.

Nilanto Perbowo mengatakan, Indonesia diberi anugerah dengan luasnya wilayah laut yang merupakan sumber daya ikan yang luar biasa memiliki keunikan tropikal, dimana ikan sepanjang waktu tanpa terpengaruh musim mampu berkembang biak.

“Terkait kelautan penting adanya kedaulatan, keberlanjutan, kesejahteraan, laut bisa bermanfaat sebagai sumber perikanan”. Ucap Nilanto.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman menerangkan, mengonsumsi Ikan di Provinsi Jambi terus meningkat termasuk besarnya ketersediaan Ikan Patin siap konsumsi yang saat ini mencapai 1.200 ton.

Konsumsi ikan di Provinsi Jambi terhitung meningkat berdasarkan keterangan Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Tema Wisman “Ada 38,68 Kilogram per kapita setiap tahunnya untuk konsumsi ikan masyarakat”.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Deteksi Dini dan Pemantauan Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular Puskesmas Ipuh