Pembahasan Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat dalam Rakontek 2019
| Dilihat 703 Kali

Suasana Rapat Koordinasi Teknis Ditjen Kesmas 2019

Suasana Rapat Koordinasi Teknis Ditjen Kesmas 2019

Sebagai salah satu upaya tindak lanjut dari hasil Rakerkesnas 2019 beberapa waktu lalu, berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Ditjen Kesehatan Masyarakat tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Sultan Jakarta dari tanggal 18-21 Maret 2019.

Acara ini resmi dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat eselon satu Kementerian Kesehatan dan juga undangan lain dari Dinas Kesehatan Provinsi di Indonesia.

Rakontek 2019 mengusung tema Kolaborasi Pusat dan Daerah dalam Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat. Dalam sambutannya, Menkes menjelaskan kegiatan ini adalah tindak lanjut dari hasil Rakerkesnas dan Kementerian Kesehatan terus berkomitmen dalam menurunkan Angka Kematian Ibu, percepatan eliminasi Tuberkulosis, hingga upaya prevalensi Stunting.

Menkes juga menegaskan pentingnya penerapan perilaku hidup sehat dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) agar pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit tidak menular (PTM) dapat ditekan. GERMAS sendiri terdiri dari aktivitas fisik, makan sayur dan buah serta rajin cek kesehatan.

Selanjutnya Menkes menyampaikan bahwa kolaborasi antara pusat dan daerah sangat diperlukan dalam pembangunan kesehatan berkelanjutan (SDG’s) caranya adalah dengan percepatan pembangunan kesehatan melalui penguatan pusat dan daerah dalam pelayanan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan Rakontek kali ini juga dimeraihkan dengan adanya gelaran pameran poster hasil inovasi program kesmas di provinsi, lomba senam hingga vlog program Kesmas.

 

 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Cara Mencegah Hepatitis Dengan Simple