Menteri Kesehatan Minta Masyarakat Menjaga Kesehatan Sebelum Lansia
| Dilihat 127 Kali

Menteri Kesehatan Minta Masyarakat Menjaga Kesehatan Sebelum Lansia

Menteri Kesehatan Minta Masyarakat Menjaga Kesehatan Sebelum Lansia

Jumlah lansia diperkirakan meningkat setiap tahun. Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka sebelum mereka menjadi tua.

Menteri Kesehatan Nila mengatakan jumlah orang lanjut usia seharusnya meningkat. Menurut Data Papinas 2013, proyeksi lansia dari 2010 hingga 2035 terus meningkat, yaitu:

  • Pada 2010 jumlah lansia mencapai 18,0 juta (7,56%)
  • Pada 2019 jumlah lansia mencapai 25,9 juta (9,7%)
  • Pada 2020 jumlah lansia mencapai 27,1 juta (9,99%)
  • Pada 2030 jumlah lansia mencapai 42,0 juta (13,82%)
  • Pada 2035 jumlah lansia mencapai dan 48,2 juta (15,77%)

Orang yang lebih tua akan mengalami degenerasi dan akan dikaitkan dengan penyakit degeneratif, yaitu penyakit umum yang terjadi pada lansia termasuk demensia atau penyakit Alzheimer.

Jadi kita harus siap, harapan kami di hadapan orang tua, kami telah menjaga kesehatan kami. "Kami berharap tidak akan ada penyakit pada orang tua karena biayanya akan menjadi lebih mahal jika kita tidak memperhatikan kesehatan di hari tua," kata Menteri Kesehatan Nila setelah pembukaan Lokakarya Hari Lansia Nasional di Dewan Kota, Provinsi Jakarta.

Gubernur Jakarta Anis Baswedan menyambut Hari Nasional Lansia. Ia berharap program kesehatan untuk lansia akan terlaksana sepenuhnya. Bahkan untuk DKI Jakarta, ada Kartu Jakarta Lansia. Kartu ini berguna untuk para lansia untuk bantuan keuangan serta layanan kesehatan.

Kami Memeriksa orang tua sampai kesehatan mereka dirawat dengan baik. Gubernur Anis mengatakan: "Layanan emas harus diberikan kepada orang tua, misalnya orang tua ingin menarik uang mereka, mereka harus diberikan prioritas."



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019