Menkes Minta Tim Nusantara Sehat Menurunkan Stunting
| Dilihat 98 Kali

Menkes Minta Nusantara Sehat Menurunkan Stunting

Menkes Minta Nusantara Sehat Menurunkan Stunting

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, menghadiri pelepasan Tim Nusantara Sehat XIV dan Tugas Khusus Individu Gelombang VIII angkatan XII tahun 2019, di Gedung Siwabessy, Kemenkes, Jakarta pada Kami 31 Oktober 2019.

Pada sambutannya, Menkes Terawan Agus Putranto mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kesediaan pemuda Indonesia menjadi anggota Nusatara Sehat dan terselenggaranya proses pembekalan dengan baik dan lancar oleh para instruktur. Ia berharap bisa membentuk tenaga kesehatan yang bisa dipercaya oleh masyarakat.

Apresiasi juga diberikan atas terselenggaranya program Nusantara Sehat yang bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Daerah Tertinggal, Pedalaman dan Kepulaian (DTPK) untuk memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena itu, kehadiran Nusantara Sehat diharapkan sebagai wujud nyata hadirnya negara dalam menyediakan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Melalui Nusantara Sehat ini, adik-adik diharapkan dapat menjadi wakil Pemerintah dalam memberikan kesehatan yang berkualitas, yang mengutamakan pelayanan kesehatan promotif preventif dengan menggunakan pendekatan keluarga” ucap Menkes.

Setelah memberikan sambutan, berbalut suasana santai Menkes Terawan bersama petinggi pratama dan madya Kementerian Kesehatan duduk lesehan sembari berdialog langsung dengan peserta Nusantara Sehat. Pada kesempatan tersebut, Menkes mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas kesediaan pemuda-pemudi mengabdikan dirinya untuk mewujudkan Indonesia Sehat.

Menkes mengajak peserta Nusantara Sehat untuk bersama-sama menurunkan stunting, dengan harapan prevalensinya bisa diambang batas WHO yaitu 20%, bahkan Presiden Joko Widodo dalam 5 tahun ke depan menargetkan di bawah 16%. Untuk mencapai target tersebut, Menkes mendorong agar tugas tersebut dilaksanakan dengan hati yang ikhlas dan gembira.

“Saya yakin ini adalah tugas yang luar biasa, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini. Kita syukuri dan saya harapkan tidak menjadi beban, justru suka cita. Justru hal yang menantang, pengalaman baru. Kami senantiasa mendukung apapun yang dibutuhkan. Program promotif preventif menjadi bekal di depan, untuk selalu mencegah penyakit serta memberikan edukasi kepada masyarakat terutama kasus-kasus stunting,” harap Menkes.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Mengenali Gejala Stroke