Mengapa Cek Pra Nikah Penting untuk Kesehatan Pasangan?
| Dilihat 1421 Kali

Mengapa Cek Pra Nikah Penting untuk Kesehatan Pasangan?

Mengapa Cek Pra Nikah Penting untuk Kesehatan Pasangan?

Pernikahan adalah salah satu momen sakral yang dinantikan sejumlah pasangan. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk mewujudkan hari paling membahagiakan tersebut. Dari tempat resepsi, undangan, gaun pengantin, hingga jenis makanan yang akan disajikan bagi tamu undangan.

Sayangnya, ada satu hal yang tak jarang dilewatkan calon pasangan suami-istri: cek pra nikah atau pre-marital check up. Sepenting apakah pemeriksaan ini bagi Anda yang akan membina rumah tangga?

Ketahui kondisi kesehatan pasangan Anda

Cek pra nikah sebenarnya tak jauh berbeda dengan medical check up karena tujuannya sama-sama untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Dalam hal ini, Anda dan pasangan yang bakal saling mengenal apa yang terjadi pada tubuh dan dampaknya di kemudian hari.

Meski tak bersifat wajib, program ini memberikan manfaat kepada calon suami-istri yang berencana mempunyai keturunan hingga mengantisipasi kemungkinan terburuk dari penyakit tertentu. Langkah ini juga akan membuat Anda dan pasangan saling terbuka dengan masing-masing kondisi kesehatan.

Untuk Anda yang ingin segera memiliki momongan, cek pra nikah akan membantu mengetahui tingkat kesuburan baik dari pihak perempuan maupun laki-laki. Jadi dokter pun bisa merekomendasikan program yang tepat untuk dijalani. Risiko penyakit-penyakit lain yang dapat dideteksi dari pre-marital check up mencakup anemia, infeksi, hepatitis, hingga HIV/AIDS.

Kapan dan di mana harus melakukan cek pra nikah?

Biaya yang dikeluarkan untuk menjalani pre-marital check up memang mahal, tetapi Anda bisa ambil tes-tes yang dianggap penting saja untuk menekan biaya pengeluaran. Sementara waktu yang dianjurkan untuk mengajukan pemeriksaan sebaiknya 3-6 bulan sebelum pernikahan dilaksanakan. Dengan begitu, kalau ada hasil yang kurang menyenangkan, Anda dan pasangan bisa melakukan tindakan lanjut tanpa mengganggu agenda.

Bagaimana dengan tempatnya? Sebagian besar rumah sakit sebenarnya sudah menyediakan pre-marital check up. Ada baiknya Anda bertanya dulu kepada beberapa rumah sakit terkait biaya hingga tes yang akan dijalani. Bandingkan, lalu pilih yang menurut Anda dan pasangan sesuai kebutuhan.

Semoga pre-marital chek up Anda berjalan lancar!



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Hari CTPS Sedunia 2019