Memperkenalkan ISI PIRINGKU di Banyuwangi

Sebagai bagian dari upaya mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), slogan ISI PIRINGKU yang menjadi pengganti dari program 4 Sehat 5 Sempurna juga turut disosialisasikan bertujuan agar masyarakat tahu pola makan yang sesuai dan dapat mencukupi gizi bagi tubuh.

Pada kesempatan kali ini, Dirjen Kesmas, dr. Kirana Pritasari dalam acara sosialisasi kegiatan GERMAS dan komunitas Sepeda Nusantara di lapangan Blambangan, Banyuwangi Jawa Timur pada hari Minggu, 12 Juli 2018, memperkenalkan slogan ISI PIRINGKU kepada masyarakat yang hadir di lokasi, selain acara tersebut juga diadakan senam bersama dan gowes Sepeda Nusantara.

Konsep yang diusung ISI PIRINGKU adalah pemutakhiran konsep sebelumnya yaitu 4 Sehat 5 Sempurna dimana 4 Sehat 5 Sempurna dinilai tidak relevan dengan masyarakat Indonesia. Dalam konsep ISI PIRINGKU, ditekankan juga mengenai batasan porsi masing masing bahan pangan yang sebelumnya tidak ada dalam 4 Sehat 5 Sempurna.

Selain membicarakan mengenai batasan porsi, ISI PIRINGKU juga menekankan terhadap pembatasan gula, garam dan lemak, batas maksimal konsumsi gula adalah empat sendok makan (50gr), satu sendok teh untuk garam (5gr), dan lima sendok makan minyak goreng, atau untuk mempermudah pemahaman masyarakat yaitu dengan rumus G4 G1 L5.

Sebagai salah satu sumber energi tentu manusia memerlukan gula. Tetapi apabila berlebihan akan menimbulkan obesitas dan diabetes tipe 2. Untuk mendapatkan gula alami, masyarakat dapat mengkonsumsi buah-buahan segar sehingga tidak perlu gula tambahan.

Acara sosialisasi GERMAS di Banyuwangi ini bertujuan agar masyarakat sadar untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan meningkatkan kualitas hidup. Dalam acara ini 600 orang turut hadir dalam berbagai kalangan dari komunitas sepeda dan juga lansia, serta para tamu undangan lain.

 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi