Lokakarya Pesantren Sehat di Gontor
| Dilihat 649 Kali

Lokakarya Pesantren Sehat di Gontor

Lokakarya Pesantren Sehat di Gontor

Pesantren sebagai salah satu sarana untuk mengenyam pendidikan anak juga mendapat perhatian seputar kesehatan lingkungan. Dalam memastikan hal tersebut, Kemenkes mengadakan kegiatan Inspeksi Kesehatan Lingkungan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Gontor.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO  mengatakan bahwa Kemenkes sudah melakukan kegiatan ini dimana pada akhirnya seluruh kader Kesehatan Lingkungan sudah mengetahui sisi kesehatan lingkungan dan kondisinya sudah standar.

Jika dilihat dari bangunan, maka pesantren Gontor ini sudah dirasa baik. Untuk itu perlu dikuatkan perilaku komunitas yang berada di lingkungan pesantren.

Kasubdit PSDP Promkes Bambang Purwanto, SKM, M.KM sedang menyampaikan materi

Dalam pelatihan yang dilaksanakan untuk para kader, dilakukan pemberian pelatihan terkait kesehatan lingkungan yang terdiri dari 6 (enam) inti yaitu udara, tanah, air, makanan, vektor, dan sarana prasarana bangunan seperti contohnya adalah ventilasi yang memenuhi standar.

Selanjutnya juga dilakukan pelatihan mengenai keamanan pangan. Dari penilaian yang dilakukan adalah dari cara penyimpanan bahan makanan, cara memasak hingga cara penyajian yang dilakukan oleh juru masak.

Sosialisasi Kemenkes mengenai kesehatan lingkungan ini di pesantren ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, dimulai dari kesadaran perilaku warga pesantren hingga kondisi fisik bangunan yang harus memenuhi standar seperti terdapat ventilasi, terkena cahaya matahari, dan juga jemuran yang ada di dalam kamar sehingga tidak terdapat nyamuk yang berkumpul.

Dalam kegiatan ini Direktorat Promkes dan PM berkontribusi dalam menyampaikan materi kesehatan pada kegiatan Lokakarya Penyelenggaraan Pesantren Sehat di Wisma Darussalam Gontor Ponorogo dengan salah satu materinya adalah pentingnya makan dengan porsi sesuai dengan kaidah Isi Piringku.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Minum Air untuk Tubuh