Kunjungan Kerja Menkes ke Posyandu di Dusun Mandalasari, Bali
| Dilihat 82 Kali

Foto Menteri Kesehatan Bersama dengan Tim Posyandu dan Anak-anak PAUD

Kunjungan Kerja Menkes ke Posyandu di Dusun Mandalasari, Bali

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dalam agenda kunjungan kerjanya melakukan kunjungan ke Posyandu di dusun Mandalasari, Bali yang mengembangkan PMT (Pemberi Makan Tambahan) dari daun kelor pada 24 April 2019 lalu.

Pohon kelor sendiri bagi warga Dusun Mandalasari menjadi perhatian tersendiri dikarenakan harganya yang murah dan juga memiliki gizi tinggi yang dibutuhkan balita. Hal ini disampaikan Kepala PAUD Mandala Kumara, Ni Made Sulastri, SE kepada Menteri Kesehatan dan rombongan media massa nasional kesehatan.

Posyandu dan PAUD telah mampu mengedukasi kepada orang tua wali murid untuk menggunakan daun kelor sebagai pemberi makan tambahan anak dengan jenis makanan lainnya.

Awalnya dalam bentuk puding, lalu berkembang menjadi sup dan nugget. Daun kelor dapat ditemukan dengan mudah di sekitar dan harganya yang juga murah. Anak-anak sangat menyukai puding, sayur sup dan nugget.

Sebagai langkah menjaga kelestarian PMT menggunakan daun kelor, kader posyandu juga mengadakan demo masak sehat dengan bahan daun kelor, sebagai tujuan agar masyarakat giat menanam daun kelor dan memasaknya.

Masyarakat terutama wali murid hingga masyarakat umum sudah mengetahui manfaat makan sayur terutama untuk balita, ditambah lagi dengan budaya menanam pohon kelor dan mengolahnya menjadi PMT.

Selain mengembangkan PMT dengan bahan daun kelor, Posyandu Mandalasari dan PAUD Mandala Kumara juga pernah menjuarai Lomba Ayo Minum Air Tingkat Nasional pada Januar 2018 lalu, prestasi ini mengubah kebiasaan anak-anak PAUD sehingga terbiasa minum air putih.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Berbagai Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur