Ketahui Cara Membaca Informasi Nilai Gizi Disini
| Dilihat 557 Kali

Ketahui Cara Membaca Informasi Nilai Gizi Disini

Ketahui Cara Membaca Informasi Nilai Gizi Disini

Dalam setiap bahan makanan yang kita beli, sebaiknya kita mengetahui cara membaca informasi nilai gizi (nutrition facts) yang biasanya tertera pada label makanan, karena disini akan terlihat tabel informasi secara jelas gizi yang terkandung dalam pangan tersebut.

Dengan label informasi nilai gizi ini anda juga dapat menjadikannya sebagai panduan dalam memilih makanan atau minuman yang akan dibeli, terlebih untuk kandungan gula atau garam yang sebaiknya dibatasi.

Informasi Nilai Gizi ini sangat bermanfaat terutama bagi orang yang sedang dalam kondisi medis dan sedang membatasi asupan kalori setiap hari. Tetapi cara membaca nutrition fact ini terkadang membingungkan sehingga perlu ada yang harus diperhatikan.

Cara membaca label informasi nilai gizi (Nutrition Facts)

  1. Takaran Saji

Informasi mengenai Takaran Saji merupakan jumlah produk makanan yang pada umumnya dikonsumsi dengan satu kali makan atau satu kali penyajian. Ketika produk tersebut dikonsumsi lebih dari satu kali penyajian, tentunya kontribusi jumlah asupan dari kalori maupun semua nutrisi yang terdapat pada produk tersebut bisa lebih tinggi.

  1. AKG (Angka Kecukupan Gizi)

Pada bagian ini menginformasikan mengenai bagaimana kontribusi nutrisi yang ada di dalam satu porsi makanan yang berperan pada total nutrisi yang diperlukan sehari. Misalnya saja ketika %AKG memperlihatkan nilai 20%. Berarti kebutuhan akan nutrisi tersebut telah terpenuhi sebanyak 20% ketika dikonsumsi sesuai dengan takaran saji. Tentunya anda bisa menggunakan informasi ini agar bisa memilih makanan yang tinggi akan nutrisi serta mengurangi untuk konsumsi makanan rendah kalori. 

AKG (Angka Kecukupan Gizi) ini sebagai panduan umum agar membantu dalam menghubungkan nutrisi dari satu porsi makanan yang total kebutuhan nutrisinya adalah dalam sehari. Tentunya hal ini akan membantu menentukan makanan yang di dalamnya mengandung gizi rendah atau tinggi. Ketika suatu nutrisi memiliki persentase AKG adalah kurang dari 5%, tentunya kandungannya adalah rendah. Tetapi ketika suatu nutrisi yang tertulis adalah lebih dari 20%, kandungannya berarti tinggi.

Selain takaran saji dan AKG (Angka Kecukupan Gizi), terdapat juga Lemak Total (Total Fat), Gula (Sugar), Natrium (Sodium), dan sebagainya dalam Informasi Nilai Gizi ini. Nah untuk kandungan Lemak Total (Total Fat) yang ada di Informasi Nilai Gizi ini merupakan kandungan lemak untuk satu kali penyajian. Untuk kandungan Gulanya sendiri merupakan kandungan gula untuk satu kali penyajian. Begitu juga dengan kandungan natrium yang ada di dalamnya adalah satu kali penyajian juga.

Semoga artikel mengenai cara membaca dan menghitung informasi nilai gizi (Nutrition facts) di atas bermanfaat untuk anda. Perhatikan jumlah nutrisi untuk tubuh kamu, batasi konsumsi gula, garam, dan lemak setiap hari.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Jangan Mager, Sehat dari Diri Sendiri