Pertemuan Simulasi Pengisian DUPAK Jabatan Fungsional PKM
| Dilihat 508 Kali

Pertemuan Simulasi Pengisian DUPAK Jabatan Fungsional PKM

Pertemuan Simulasi Pengisian DUPAK Jabatan Fungsional PKM

Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat sebagai instansi pembina mempunyai kewajiban melakukan pembinaan dalam rangka mewujudkan profesionalitas para Jabatan Fungsional. Kegiatan pengisian Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) merupakan kegiatan yang melekat dengan para Jabatan Fungsional dalam rangka pengembangan karier Jabatan Fungsional Kepegawaian.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat selaku instansi pembina bagi pemangku Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat (Jabfung PKM) menyadari bahwa dalam proses pengisian DUPAK masih ditemukan banyak kendala, baik dari sisi pemangku Jabfung PKM sendiri maupun dari tim penilai.

Situasi pandemi Covid-19 tidak menghambat Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat sebagai unit pembina Jabfung PKM dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pemangku Jabfung PKM di seluruh Indonesia terutama dalam hal proses pengisian DUPAK. Melalui Subdit Potensi Sumber Daya Promosi Kesehatan telah dilaksanakan Pertemuan Simulasi Pengisian DUPAK secaravirtual melalui saluran aplikasi Zoom dan kanal Youtube akun @puspromkes. Pertemuan ini dilakukan dalam dua gelombang, yakni pada tanggal 23 dan 29 Juli 2020 dengan Tim Penilai Jabfung PKM Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat sebagai narasumber.

Pertemuan gelombang 1 dihadiri oleh para pemangku Jabfung PKM yang berasal dari wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pertahanan, dan Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat. Selanjutnya, pertemuan gelombang 2 dihadiri oleh para pemangku Jabfung PKM yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, dan Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat.

Antusiasme para pemangku Jabfung PKM terlihat dari jumlah peserta yang bergabung dalam setiap pertemuan baik melalui saluran aplikasi Zoom maupun kanal Youtube dimana total kehadiran pada pertemuan gelombang 1 sejumlah 587 orang dan total kehadiran pada pertemuan gelombang 2 sejumlah 428 orang. Beberapa topik yang dibahas dalam pertemuan ini yaitu Kebijakan Jabatan Fungsional PKM; Pembentukan Tim Penilai dan Pengusulan DUPAK Jabfung PKM; serta Simulasi Penggunakan Aplikasi E-PAK Jabfung PKM. Telah disiapkan juga petunjuk pengisian aplikasi e-PAK PKM Peserta Jabfung dalam bentuk video yang bisa diakses di Youtube dan Website Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di link:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=0zTIDlYCbV0

Website: http://promkes.kemkes.go.id/video-panduan-e-pak-pkm-peserta-jabfung

Tetap semangat para Jabfung PKM! Salam Sehat!

Kontributor:

Dewi Sibuea, SKM, MKM

Eunice Margarini, SKM, MIPH



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Pertemuan Online “Penerapan Protokol Kesehatan di Pesantren pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru”