Kampanye ISI PIRINGKU dalam Jakarta Eat Festival 2018

Jakarta Eat Festival merupakan event kuliner yang diselenggarakan di Jakarta untuk memperkenalkan kuliner yang sedang trend di Jakarta dan sekitar. Dalam kesempatan ini Ditjen Kesmas Kemenkes RI yang bekerjasama dengan Femina Group mengkampanyekan program ISI PIRINGKU dalam acara Demo dan Talkshow di event Jakart Eat Festival 2018 yang dilaksanakan di Gandaria City pada Sabtu, 1 September 2018.

Acara ini diisi dengan pemberian materi edukasi tentang bagaimana menyajikan makanan sehat dan mengkonsumsi makanan dengan pola ISI PIRINGKU dalam aktivitas sehari-hari yang dibawakan oleh Plt. Direktur Promosi Kesehatan yang juga Direktur Kesehatan Keluarga dr. Eni Gustina, MPH bersama dengan dr. Rita Ramayulis, DCN dari PERSAGI, acara ini menghadirkan Inez Tagor sebagai host.

dr. Eni Gustina mengatakan bahwa peningkatan angka Penyakit Tidak Menular dikarenakan banyak penduduk Indonesia lebih banyak yang mengkonsumsi makanan instan, kurang mengkonsumsi sayur dan kurang melakukan aktivitas fisik.

Sebagai solusi dari masalah ini, Kementerian Kesehatan RI menggalakkan program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Kampanye GERMAS sendiri berfokus pada tiga hal utama yaitu melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah serta cek kesehatan secara rutin. Untuk mendukung suksesnya GERMAS, Kemenkes RI membuat formula baru yaitu ISI PIRINGKU.

ISI PIRINGKU merupakan program pemerintah yang mengganti program 4 sehat 5 sempurna yang pernah dikampanyekan. ISI PIRINGKU memiliki konsep makanan bergizi seimbang dengan memperhatikan berbagai macam asupan gizi seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Adapun porsi Isi Piringku sekali makan dengan komposisi sebagai berikut :

  1. Makanan pokok (sumber kabohidrat) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring.
  2. Lauk pauk (sumber protein) dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring.
  3. Sayur-sayuran (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring dan
  4. Buah-buahan (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. 

ISI PIRINGKU menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring adalah 50 persen mengandung sayur dan buah serta 50 persen sisanya yaitu karbohidrat dan protein.

Selain materi edukasi juga demo memasak makanan sehat dan praktis oleh Chef Normal Ismail yan gjuga membahas bagaimana cara mengolah makanan dan menyiapkan makanan yang sesuai dengan pola ISI PIRINGKU.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal Bersin Dan Batuk, Kenali Etika Bersin Dan Batuk Agar Tidak Menularkan Penyakit