Jarang Menyerang, Kenali Tanda Kanker Kulit Melanoma

Dalam beberapa kasus, kanker kulit dapat menimbulkan resiko kematian, salah satunya adalah jenis kanker kulit melanoma. Memang jarang sekali terjadi, namun tandanya juga tidak bisa dideteksi. Oleh karena itu, Anda juga tidak bisa mengabaikannya, berikut ini tanda dari kanker kulit melanoma ini.

Adanya bercak pada kulit

Bercak pada kulit menjadi tanda pertama akan kanker kulit melanoma terjadi. Kebanyakan, bercak tersebut semakin lama akan semakin membesar. Apabila hal tersebut terjadi perlu diwaspadai dan segera periksakan ke dokter.

Benjolan pada kulit

Hampir semua penyakit kanker memiliki gejala berupa benjolan. Untuk kanker kulit sendiri, benjolan yang terjadi timbul di bawah permukaan kulit. Selain itu, benjolan tersebut juga bisa tumbuh di leher atau ketiak.

Tahi lalat berubah bentuk

Tahi lalat yang semakin membesar sering dianggap tumor jinak. Namun, Anda perlu waspada, jika pertumbuhan tidak lazim. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi gejala kanker kulit melanoma

Permukaan kulit seperti bersisik

Tidak hanya timbul benjolan saja, gejala kanker kulit juga membuat permukaan kulit tampak kering bahkan bersisik. Hal tersebut dikarenakan kulit yang sudah kehilangan kemampuan untuk bisa melakukan regenerasi secara optimal.

Warna kulit yang berubah

Selama ini, kita mengenal perubahan warna kulit disebabkan karena sinar UV. Di mana, kita yang berjemur di bawah sinar matahari akan membuat kulit kemerahan. Namun begitu, rupanya sel kanker juga bisa merubah warna kulit kita. Di mana, sel kanker akan menyerang pigmen pada kulit.

Hal ini menjadi salah satu gejala kanker kulit yang menyerang. Biasanya perubahan warna kulit diawali dengan timbulnya bercak. Bercak tersebut berwarna merah kecoklatan dan terasa gatal. Namun hanya beberapa area tertentu yang mengalami perubahan.

Gatal disertai nyeri pada kulit

Gejala kanker kulit yang selanjutnya adalah rasa gatal. Namun rasa gatal tersebut dibarengi dengan nyeri pada permukaan kulit. Bahkan tidak jarang pula, rasa gatal bisa menyebabkan luka. Luka tersebut biasanya akan berlubang dan mengeluarkan darah secara terus menerus.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Kurangi Konsumsi Daging Untuk Mencegah Hipertensi Sebagai Langkah Sederhana