Ingin Berhenti Merokok? Lakukan Lima Langkah Cerdas Berikut Ini!
| Dilihat 166 Kali

Ingin Berhenti Merokok? Lakukan Lima Langkah Cerdas Berikut Ini!

Ingin Berhenti Merokok? Lakukan Lima Langkah Cerdas Berikut Ini!

Meski bahaya rokok banyak didengungkan, tak sedikit perokok yang gagal berhenti merokok. Bila Anda berniat bersih dari rokok, tak ada salahnya mengenal bahaya rokok dan mencoba lima langkah cerdas berhenti merokok berikut ini.

Bahaya Rokok

Agar lebih mudah berhenti merokok, ada baiknya Anda mengetahui bahaya merokok. Berhenti merokok bukan hal yang mudah. Sayangnya, tak semua perokok menganggap serius bahaya rokok. Padahal hampir semua organ tubuh Anda pasti terpengaruhi oleh dampak buruk rokok. Setidaknya ada sekitar 4.000 zat kimia dalam asap rokok yang beracun bagi tubuh. Beberapa diantaranya seperti ammonia, tar, formalin, dan nikotin. Efek candu dari rokok memang membuat langkah berhenti merokok terasa lebih sulit, namun bukan berarti tak bisa. Lima langkah berikut ini niscaya bisa membantu Anda lebih mudah berhenti merokok.

Lima Langkah Cerdas Berhenti Merokok

  1. Tetapkan waktunya

Langkah pertama untuk berhenti merokok adalah menetapkan waktu mulai berhenti merokok hingga berhenti merokok. Hindari memilih tanggal dengan jeda terlalu lama dari niat Anda demi menghindari potensi Anda berubah pikiran di tengah jalan. Agar lebih semangat, pilih tanggal yang istimewa bagi Anda. 

  1. Minta dukungan dokter

Rokok mampu mempengaruhi senyawa-senyawa kimia di otak maupun tubuh Anda. Anda bisa meminta bantuan dokter untuk menemukan metode dan obat-obatan yang tepat demi mengatasi pengaruh rokok bagi tubuh Anda. Dokter akan mengevaluasi setiap program yang Anda jalani sehingga proses berhenti merokok bisa lebih efektif. 

  1. Beritahu orang terdekat

Program berhenti merokok akan terasa lebih ringan apabila Anda memiliki support system. Beritahu orang-orang terdekat mengenai niat Anda berhenti merokok. Mintalah dukungan dan pengertian dari mereka. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dan semangat untuk berhenti merokok terutama berkat dukungan orang-orang yang menyayangi Anda.

  1. Siapkan antisipasi

Mengingat banyaknya hambatan di depan mata, tak ada salahnya Anda mempersiapkan antisipasi ketika berhasil berhenti merokok. Masa-masa putus nikotin (withdrawal effect) bisa menjadi masa yang paling berat dan menantang. Umumnya Anda akan mengalami withdrawal effect 1,5 sampai 2 minggu setelah mulai berhenti merokok. 

Beberapa kondisi psikologis seperti insomnia, emosi yang labil, nafsu makan meningkat, dan emosi lainnya membuat perjuangan berhenti merokok semakin terasa berat. Jangan langsung menyerah ketika Anda tergoda kembali untuk merokok. Alih-alih menghisap rokok, segera matikan rokok dan alihkan pikiran Anda ke hal lain seperti makan buah, minum air putih, atau mengobrol dengan orang di sekitar Anda.

  1. Jauhi semua hal berbau rokok

Agar tak tergoda kembali untuk merokok, buang semua hal yang berkaitan dengan rokok. Buang rokok Anda, pemantik, sekaligus asbaknya. Tak ada gunanya Anda masih menyimpan hal-hal berbau rokok. Lanjutkan perjuangan Anda untuk berhenti merokok. Bila suatu saat Anda tergoda kembali untuk merokok, ingatlah kelima langkah di atas sehingga bisa kembali ke jalur yang benar.

 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Menkes Anjurkan Teknologi Tepat Guna Untuk Cegah Masalah Kesehatan Akibat Kebakaran Hutan