Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita

Tanggal 12 November merupakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dimana diperingati dengan beragam rangkaian kegiatan kesehatan baik di pusat maupun daerah, adapun tema dalam Hari Kesehatan Nasional ke-54 kali adalah “Aku CInta Sehat” dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” dimana tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, dan mengajak bangsa Indonesia untuk lebih sadar, mau dan mampu berperilaku sehat sehingga kualitas hidup meningkat.

Seputar Tema HKN ke-54

Dengan menggaungkan slogan “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” diharapkan dapat dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat dan efeknya dapat mengubah wajah kesehatan di Indonesia. Momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 ini juga bertujuan sebagai langkah mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan setinggi-tingginya, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa mulai dari pemerintah hingga masyarakat berperan aktif dan semakin menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam aktivitas sehari-hari.

Logo HKN ke-54

Adapun pada HKN ke-54 kali ini memiliki logo seperti dibawah ini yang memiliki makna sebagai berikut:

Logo HKN ke-54

Logo Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54

Simbol orang memiliki arti positif, layaknya orang yang sedang senang/gembira dan energik, warna merah memiliki arti semangat yang tinggi, berani dan bertangung jawab. Dengan momentum HKN ke-54 ini diharapkan masyarakat dapat lebih bersemangat dalam melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam aktivitas sehari-hari sebagai langkah untuk menciptakan Indonesia Sehat.

Rangkaian Kegiatan HKN ke-54

Dalam peringatan HKN ke-54 kali ini diadakan ragam rangkaian kegiatan yang turut mengikutsertakan berbagai pihak dari masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi hingga tokoh masyarakat. Tujuan dari rangkaian kegiatan ini adalah untuk menciptakan kesadaran pentingnya pembangunan kesehatan oleh semua pihak. Adapun kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari kegiatan di pusat dan daerah seperti berikut:

  • Pengabdian Masyarakat, berupa melalui pelayanan kesehatan seperti deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) hingga promosi kesehatan seperti kampanye Perilaku HIdup Bersih dan Sehat (PHBS) dan sosialisasi GERMAS
  • Kegiatan Ilmiah, dengan adanya event berupa seminar, Disertasi Expo dan launching hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018
  • Perlombaan dan Olahraga, kegitan ini terdiri dari kegiatan internal dan eksternal di lingkungan Kementerian Kesehatan
  • Pameran Pembangunan Kesehatan, kegiatan tahun ini dilaksanakan di ICE-BSD Serpong, Banten. Pameran ini merangkul lintas sector, dunia usaha hingga organisasi masyarakat.
  • Publikasi dan Penghargaan, berupa kegiatan yang menampilkan kompetisi berupa foto kesehata, jurnalistik dan lainnya
  • Upacara Tabur Bunga, kegiatan ini untuk mengenang jasa pahlawan terutama pahlawan yang berjasa dalam bidang kesehatan
  • Acara Puncak HKN ke-54, kegiatan ini akan diisi dengan kegiatan car free day, lalu sosialisasi makan sehat dengan kaidah Isi Piringku, festival kuliner, hingga senam Bersama. Kegiatan ini akan berlangsung di Gelora Bung Karno Senayan, dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memeriahkan HKN ke-54 ini.

Diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat terlibat dalam mendukung momentum ini untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sadar, mau dan mampu berperilaku hidup sehat sehingga kualitas hidup semakin meningkat dan mampu bersaing dengan khalayak Internasional.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Kunjungan Menteri Kesehatan dan Dirjen Kesmas ke Pameran GHSA di Nusa Dua, Bali