Haornas 2019 Kemenkes Mendorong Masyarakat Aktif Bergerak
| Dilihat 144 Kali

Haornas 2019 Kemenkes Mendorong Masyarakat Aktif Bergerak

Haornas 2019 Kemenkes Mendorong Masyarakat Aktif Bergerak

Kementerian Kesehatan RI ikut memeriahkan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang ke-36 pada Senin, 9 September 2019. Peringatan Haornas 2019 memiliki tema “Ayo Olahraga. Dimana Saja, Kapan Saja”.

Kartini Rustandi selaku Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan menyampaikan pada Haornas tahun 2019 ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) ingin mengajak masyarakat untuk lebih rajin berolahraga dimanapun dan kapanpun.

“Dalam Haornas 2019, kita mengingatkan kembali, mengajak kembali semua orang, Ayo berolahraga! Ayo beraktivitas fisik!” ucap Kartini saat konferensi pers di kantor Kementerian Kesehatan di Jakarta pada 4 September 2019.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDA) yang dilakukan oleh Badan Litbang Kementerian Kesehatan pada 2018, jumlah penderita Obesitas di Indonesia sudah mencapai 21,80% dan Overweight mencapai 13,60%. Sedangkan masyarakat yang tergolong kurang melakukan aktivitas fisik sebanyak 33,50%.

Dari 3 hal tersebut, menjadi faktor dari munculnya penyakit tidak menular (PTM) yang kini jumlahnya juga semakin meningkat, Pada tahun 2014, PTM seperti stroke, jantung, diabetes, dan hipertensi menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Kartini mengajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Sehat dengan cara paling mudah dan murah dengan cara rajin berolahraga :

  • paling sedikit 30 menit per hari atau 150 menit per minggu untuk orang dewasa
  • dan 60 menit per hari untuk anak anak demi terciptanya SDM yang sehat, bugar, produktif dan berdaya saing.

Perayaan Hari Olahraga Nasional berpusat di Kalimantan Selatan pada 4 sampai 9 September 2019, sedangkan peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) tahun 2019 di peringati dengan melakukan olahraga bersama serta upacara pada Senin, 9 September 2019.

 



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Edukasi Penggunaan Minyak Goreng Secara Sehat