Cara Menghindari Keracunan Makanan Paling Mudah

Mual, muntah, badan lemas dan sakit perut setelah mengonsumsi sesuatu merupakan gejala Anda keracunan makanan. Mual dan muntah merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Sebenarnya agar tidak keracunan makanan ada cara mudah untuk menghindarinya, seperti berikut ini

Pilih bahan makanan dengan bijak

Menghindarkan keracunan makanan dilakukan mulai saat Anda berbelanja makanan. Pastikan memilih bahan makanan yang bijak dan fresh. Jangan lupa membukus daging dan memisahkan dengan makan lain. Setelah sampai di rumah, letakan di dalam lemari es, jika belum ingin dimasak. Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa.

Cuci sebelum memasaknya

Sebelum memasaknya, semua bahan makanan perlu dicuci dengan benar. Bahkan, setelah mengupas bahan makanan sekalipun, langkah pencucian harus dilakukan. Bisa saja zat patogen masuk ke dalam makanan tersebut.

Selalu cuci tangan

Sangat penting untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun, sebelum atau setelah menyiapkan makanan. Terlebih lagi, setelah memegang hewan, cuci tangan hingga bersih. Jangan lupakan untuk membersihkan peralatan memasak yang akan digunakan.

Pisahkan makanan

Memisahkan makanan mentah dan jadi akan menghindarkan terjadinya kontaminasi. Selain itu, antara daging mentah dan makanan laut mentah juga harus dipisahkan, jika disimpan dalam lemari es. Tempatkan pada wadah tertutup.

Saat memasak lebih baik menggunakan talenan yang berbeda, untuk sayuran, daging dan makanan laut. Buang segera makanan yang kadaluarsa, basi atau membusuk.

Masak makanan hingga benar – benar matang

Memasak dengan benar akan menghindarkan Anda dari keracunan makanan. Pasalnya, cara memasak yang benar akan membunuh semua bakteri yang terkandung, terlebih pada bahan laut dan daging.

Untuk memasak daging tidak perlu matang hingga luar dalam. Hanya persiapannya saja lebih higienis. Sedangkan untuk memasak ikan perhatikan tingkat kesegarannya. Semakin lama ikan terpapar udara atau mati, maka semakin lama memasaknya.

Panaskan sebelum dihidangkan

Jika ada makanan tersisa dan berencana untuk menyantapnya kembali, maka Anda harus memanaskannya terlebih dahulu. Makanan yang tidak dipanaskan beresiko timbul patogen yang menyebabkan keracunan makanan. Namun tidak semua makanan bisa dipanaskan ulang



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes